BerandaCurrent ReportMenilik Efek Instan Bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar

Menilik Efek Instan Bergabungnya Ridwan Kamil ke Partai Golkar

Published on

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) resmi bergabung ke Partai Golkar pada Rabu, 18 Januari 2023. Nama Ridwan Kamil yang sebelumnya digadang-gadang masuk dalam daftar tokoh bakal Capres Pilpres 2024 itu langsung memberikan efek positif terhadap partai berlambang beringin.

Ridwan Kamil telah diberi jabatan strategis sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih dan co-chair Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, dan langsung memberikan dampak instan. Berdasarkan Pantauan Netray di media sosial Twitter, banyak kata-kata dukungan untuk RK maupun Golkar.

Netray memantau dengan kata kunci Ridwan Kamill && Golkar dan RK && Golkar, dari 13-19 Januari 2023 menemukan sebanyak 8.591 twit yang terjaring. Topik pengukuhan Ridwan Kamil sebagai anggota Partai Golkar didominasi oleh twit bersentimen neutral sebanyak 6.138 twit atau 71,4%. Sisanya, 1.968 twit bersentimen positif dan 485 twit bersentimen negatif. Perbincangan terkaitkata kunci tersebut mencuri perhatian lebih dari 1.717 akun. Bahkan topik ini mampu menjangkau hingga 93,3 juta akun.

Gambar 1. Statistik perbincangan di Twitter

Perbincangan tentang RK ini sudah muncul sejak awal pemantauan. Perbedaannya ialah peak time perbincangan warganet Twitter terjadi pada 19 Januari 2023, sehari setelah pengumuman bergabungnya RK ke Golkar. Pada 18 Januari 2023 twit dari akun @maspiyu_aja menjadi twit yang paling banyak mendapat impresi pada hari H pengumuman. Sedangkan pada peak time perbincangan, twit dari akun portal @CNNIndonesia yang menyebutkan jika modal RK dalam memenangkan Golkar adalah jumlah followers menjadi twit terpopuler pada hari tersebut.

Gambar 2. Peak Time perbincangan di Twitter

Tak hanya berisikan twit pengukuhan RK ke Partai Golkar, dalam topik ini warganet juga santer mencuitkan dukungan kepada Golkar usai bergabungnya RK. Terlihat dari jajaran Top Words di bawah ini, tagar-tagar dukungan, seperti bersamajuara, airlanggauntukindonesia, airlanggapemersatu, welocemridwankamil, golkarsolid, dan airlanggapresiden mendominasi kata yang digunakan warganet.

Gambar 3. Jajaran Top Words

Pendukung Ridwan Kamil Ikut Dukung Golkar

Ucapan selamat mengalir dari warganet atas merapatnya RK ke Golkar. Bergabungnya RK ke partai berlambang beringin inidiharapkan warganet agar semakin memperkuat basis Golkar di Jawa Barat dan memunculkan kader-kader terbaik lainnya. Tak hanya itu, pengemar RK juga menyatakan siap mendukung di partai manapun. Twit-twit semacam itulah yang menjadi penyumbang sentimen positif dalam topik ini.

Gambar 4. Sampel twit

Akan tetapi, perbincangan bersentimen negatif juga tak dapat terelakkan. Seperti halnya yang ditwitkan oleh akun @Miduk17 yang mengatakan bahwa RK merupakan ‘master of kutu loncat’. Ungkapan tersebut tersemat lantaran RK dinilai sebagai sosok yang sering bergonta-ganti atau keluar masuk beberapa partai. Selain itu, followers RK yang disebutkan puluhan juta disangsikan warganet karena berdasarkan hasil survei Partai Golkar bahkan dikalahkan oleh PKS.

Gambar 5. Sampel twit

Pinangan Golkar terhadap RK disebut-sebut sebagai salah satu strategi untuk mendongkrak elektabilitas partai. Gubernur Jawa Barat berfollowers 30 juta akun ini dengan percaya diri bakal mampu membawa Golkar berjaya pada ajang Pilpres 2024. Namun, isu tak sedap pun tetap berhembus atas pengukuhan RK oleh Golkar ini. Kesangsian atas keyakinan RK dalam mengangkat Golkar pada bursa Pilpres 2024 dan juga stigma lantaran RK bergabung melalui ‘jalur khusus’ menjadi isu negatif yang juga mengawal pemberitaan ini.

Menilik dari Pemberitaan Media Soal Ridwan Kamil ke Golkar

Untuk melihat seberapa jauh pemberitaan media terkait bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar, Media Monitoring Netray juga melakukan pemantauan media massa daring dengan kata kunci Ridwan Kamil && Golkar. Dalam periode pemantauan 13-19 Januari 2023, Netray menemukan sebanyak 907 artikel yang telah dituliskan oleh 117 media berita daring. Media berita yang paling intens memberitakan topik ini ialah Tribun News dengan total artikel sebanyak 64. Lalu, portal berita selanjutnya adalah Kompas sebanyak 43 artikel dan Warta Ekonomi sebanyak 37 artikel.

Gambar 6. Statistik pemberitaan
Gambar 2. Jajaran Top Portal

Kata kunci Ridwan Kamil && Golkar telah muncul pada awal pemantauan dengan pemberitaan yang berisikan tentang isu keanggotaan Ridwan Kamil dalam Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro 1957) yang secara otomatis menjadikannya sebagai kader Golkar. Isu ini menurun hingga tanggal 15 Januari 2023. Setelah itu, kembali mulai merangkak naik di hari berikutnya masih dengan dominasi pemberitaan bersentimen neutral.

Gambar 7. Sampel berita

Lalu, pemberitaan memuncak di tanggal 18 Januari 2023 pukul 19.00-20.00 WIB. Puncak pemberitaan ini terjadi setelah Airlangga Hartato resmi mengumumkan bergabungnya Ridwan Kamil ke Golkar. Dari 907 pemberitaan, 432 di antaranya merupakan berita yang memiliki sentimen positif bagi Ridwan Kamil dan hanya 28 artikel yang terindentifikasi sebagai berita negatif.

Gambar 8. Peak Time dan Sentiment Trend pemberitaan

Pemberitaan yang menjadi penyumbang sentimen negatif pada topik ini salah satunya ialah berita yang menyebutkan bahwa kehadiran Ridwan Kamil dalam Golkar merupakan bukti kegagalan kaderisasi. Pemilihan kosakata dalam headline berita yang menyatakan ‘kegagalan’ tentu saja memberikan dampak negatif pada sosok RK. Bagaimana tidak? Masuknya RK yang disinyalir melalui jalur ‘khusus’ ini menambah isu tak sedap. Seperti halnya yang dikatakan Pengamat Politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam berita Jawa Pos. Pangi menyebutkan bahwa kehadiran Ridwan Kamil dalam jalur eksklusif tersebut berpotensi dapat menimbulkan kecemburuan dalam internal partai.

Gambar 9. Sampel berita

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: