BerandaHiburanMengenal Tweet AU, Fanfiction yang Lagi Diminati Netizen

Mengenal Tweet AU, Fanfiction yang Lagi Diminati Netizen

Published on

Popularitas fanfiction atau fiksi penggemar kian hari kian meroket. Tak hanya di situs khusus kreator fiksi populer seperti Wattpad ataupun AO3, kini platform sosial media Twitter turut menjadi wadah perkembangan fanfiction. Coba saja buka Twitter dan ketikkan ‘tweet au’ di laman pencarian Twitter. Pasti akan muncul deretan karya fanfiction atau yang lebih sering disebut AU oleh warganet. Jangan salah ya, AU yang dimaksud di sini adalah singkatan dari alternate universe bukan angkatan udara hehe. Lantas apa kaitannya AU dengan fanfiction? Sejauh mana perkembangannya? Bagaimana pola AU di Twitter? Simak jawabannya di infografik Netray berikut.

  • Tweet Au
  • Eksistensi AU
  • Pola Fanfict ala Tweet AU
  • Tweet AU Populer

Mengenal Tweet AU dan Kaitannya dengan Fanfiction

Sebelum membahas pengertian AU akan lebih afdol jika kita mengenal konsep fanfiction terlebih dahulu. Mengutip Wikipedia, fanfiction merupakan sebuah karya fiksi penggemar yang bercerita tentang para tokoh nyata (aktor/aktris, penyanyi, idol, dan karakter terkenal lainnya) maupun tokoh fiksi (diambil dari cerita pendek, novel, film). Latar yang digunakan bisa diambil dari dunia nyata (RL—Real Life) maupun tidak nyata alias dibuat sendiri oleh penggemar, di luar dari latar karya asli (AU—Alternate Universe). 

Mengacu hal tersebut AU merupakan bagian dari sudut pandang sebuah fanfiction. Namun, di Twitter penyebutan AU kini lebih jamak mengacu pada sebuah fanfiction secara umum. Jadi ketika membicarakan tweet AU di Twitter berarti membicarakan karya fanfiction yang ditulis dalam bentuk thread atau utas. Ya, barangkali karena sebagian besar fanfiction di Twitter menggunakan latar AU.

Menengok Eksistensi AU di Twitter

Dari pantauan Netray, tweet AU mulai menarik perhatian warganet pada 2020 dan semakin populer hingga saat ini. Bahkan, hampir setiap harinya tweet AU menghiasi timeline Twitter yang disumbang oleh ribuan netizen kreatif. Pada bulan Oktober Netray menemukan 7,3 ribu tweet yang mengandung kata kunci ini. 

Perkembangan AU saat ini; Idol Korea Paling Populer

Meski fanfiction mengacu pada segala jenis fiksi penggemar baik dari tokoh nyata maupun karakter fiksi secara umum, nyatanya di Twitter tweet AU paling banyak didominasi oleh fanfict idol Korea. Lihat saja tren Top Words di infografik di atas.

Ada sejumlah nama idol K-pop seperti Jeno, Jaehyun, Taehyung, Jungkook, hingga Jaemin sebagai tokoh yang paling banyak mengisi tweet AU warganet. Taekook, nama pasangan yang diberikan penggemar untuk Taehyung dan Jungkook terlihat menonjol. Artinya fanfic Taekook paling diminati di sini. Demikian pula Markhyuck dan Nomin, pasangan bromance dari member NCT. Selain bromance, ternyata AU berlambang 18+ juga banyak diminati loh.

Pola Fanfict ala Tweet AU di Twitter; Lebih Banyak Gambar

Dari pengamatan Netray, fanfict ala tweet AU ditulis dalam bentuk thread atau utas yang berisi teks dan kumpulan gambar. Diawali dengan judul au, nama penulis kemudian disclaimer terkait karya tersebut. Pengenalan tokoh dan karakter biasanya dilengkapi dengan foto idol sebagai referensi penggambaran visual tokoh. Menariknya, mereka kebanyakan menggunakan nama tokoh dalam bahasa Indonesia. Jadi idol hanya dipinjam untuk visualisasi tokoh saja. Selain itu, kini sebagian besar alur cerita dibangun melalui percakapan antar tokoh di aplikasi chat ataupun aktivitas di media sosial (dalam bentuk screenshoot). Hal ini berbeda dari tweet au di tahun 2020 yang masih banyak menggunakan narasi.

Tweet AU Populer

Setiap hari selalu ada saja tweet AU yang diunggah warganet. Nah, berikut Top 5 Tweet AU yang paling banyak menarik impresi warganet selama bulan Oktober. 

  1. Patuhi Rules! – Jeno AU
  2. Tukang Bubur Katanya – NCT Dream 001 AU
  3. Delincuente – Jung Jaehyun Local AU
  4. Jeje & 10 Triliun – Jung Jaehyun AU
  5. Hayadi – Jung Jaehyun Short Au ft Kak Seto

Wah, ramai banget ternyata peminat fanfict ala tweet au ini yaa. Selain karena memang ada idol kesayangan, barangkali penggunaan banyak media seperti gambar dan cuplikan chat ini lebih ringan dinikmati dan terasa dekat dengan keseharian kita ya. Perkembangan zaman di mana orang lebih sering menghabiskan waktu di depan layar smartphone, chatingan, bermain media sosial sejalan dengan tren fiksi ini. Tapi, tidak sedikit juga kok yang masih suka baca buku teks. Buktinya Wattpad juga masih diminati. Nah, kalau kamu gimana, termasuk yang suka baca AU di Twitter atau fanfic versi Wattpad?

More like this

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online & Twitter Periode 25 November-1 Desember 2022

Netray melakukan pemantauan popularitas partai politik (parpol) berdasarkan penyebutan atau mention nama parpol di media massa...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 25 November-1 Desember 2022

Berdasarkan pantauan Netray, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo mengisi...

Popularitas Tokoh Politik di Media Sosial & Media Massa 18-24  November 2022

Berdasarkan pantauan Netray nama Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Erick Thohir mengisi 3 besar...
%d blogger menyukai ini: