HomeHiburanPantauan Konser Dewa 19, dari JIS, Anies, hingga Kehadiran Prabowo Subianto

Pantauan Konser Dewa 19, dari JIS, Anies, hingga Kehadiran Prabowo Subianto

Published on

Band legendaris Dewa 19 baru saja melangsungkan konser 30 tahun perjalanan karir mereka bertajuk Pesta Rakyat. Konser tersebut diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Sabtu 4 Februari 2023. Konser ini tentu saja menjadi pengobat rindu paling sempurna bagi penggemar berat band asal Surabaya ini.

Karena konser ini termasuk momen yang langka, Netray Media Monitoring ingin menangkap bagaimana publik memperbincangkan konser Dewa 19 tersebut. Yakni dengan cara memantau linimasa media sosial Twitter melalui kata kunci dewa 19. Pemantauan dilakukan selama periode 2-8 Februari 2023. Hasilnya adalah sejumlah fakta data berikut ini.

Hasil pemantauan Netray menunjukkan bahwa warganet telah mengunggah 25.682 twit yang terbilang sebagai perbincangan dengan topik konser Dewa 19 pada akhir pekan lalu. Keseluruhan twit ini tersebar di semua hari dalam periode pemantauan seperti yang terlihat pada grafik Peak Time

Gambar 1. Peak Time pemantauan perbincangan konser Dewa 19

Kata kunci dewa 19 sudah muncul 2 hari sebelum jadwal acara dengan intensitas di atas 1.000 twit selama sehari penuh. Meskipun konser berlangsung pada tanggal 4 Februari 2023, intensitas perbincangan justru mencapai puncaknya pada tanggal 5 Februari 2023 dengan total 8.842 twit dalam sehari. 

Respons warganet terkait topik ini terpantau cukup tinggi. Selama tujuh hari pemantauan, telah ditemukan 3,5 juta impresi dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Twit dari warganet dengan kata kunci juga secara potensial dapat menjangkau setidaknya 188,5 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 2. Statistik pemantauan

Dari respons dan perbincangan ini, ternyata warganet terhitung memiliki silang pendapat kala membahas topik konser Dewa 19. Dari ribuan twit yang berhasil dikumpulkan Netray, terpantau 6.203 twit merupakan unggahan dengan sentimen positif. Sedangkan 8.201 twit lainnya adalah twit dengan sentimen negatif.

Gambar 3. Tren sentimen warganet

Salah satu topik yang kerap dibahas warganet dari topik perbincangan ini adalah pengalaman menonton konser Dewa 19 tersebut. Respon publik paling populer, yang meraup impresi terbanyak adalah twit dari akun @shitlicius. Ia membuat utas dengan twit pembuka adalah derita pemilik akun ketika menonton konser Dewa 19.

Gambar 4. Twit dari akun @shitlicius

Utas ini menceritakan sejumlah permasalahan yang ia terima pada pekan lalu. Mulai dari masalah penukaran tiket, kehabisan tempat duduk, hingga keterjangkauan venue. Meskipun terhibur dengan penampilan band, @shitlicius merasa kecewa dengan penyelenggara acara (EO) konser Dewa 19 tersebut.

Gambar 5. Grafik Top Accounts
Gambar 6. Twit dari akun menfess @starfess

Unggahan-unggahan dari akun ini berhasil meraup 39.424 impresi dari warganet Twitter dan menempati posisi pertama akun dengan impresi terbanyak. Di tempat kedua terdapat akun menfess @starfess dengan impresi sebanyak 31.696 kali. Unggahan  terpopuler dari warganet pada akun ini memperlihatkan gambar storygram dari selebritis Ananda Omesh dan istrinya. Omesh diketahui menonton konser Dewa 19, sedangkan sang istri di waktu yang sama menghadiri konser EXO di Pantai Ancol.

@shitlicius jelas bukan satu-satunya akun yang membagikan pengalaman kurang menyenangkan saat menonton konser tersebut yang akhirnya terindeks sebagai perbincangan negatif oleh Netray. Sejumlah akun dalam daftar Top Accounts juga memiliki pandangan, atau kekecewaan, yang serupa.

Sebagai contoh adalah twit dari akun @Miduk17 yang meraup total impresi sebanyak 18.956 kali. Sedikit berbeda dengan @shitlicius, akun tersebut lebih menekankan JIS sebagai sumber permasalahan. Antara lain seperti minimnya transportasi umum, area parkir yang terbatas, hingga pintu keluar area stadion yang hanya disediakan di dua tempat.

Gambar 7. Twit terkait JIS dengan sentimen negatif

Perhatian warganet ke venue konser juga memunculkan sudut pandang perbincangan lain. Sudut pandang ini memunculkan nama Anies Baswedan ke dalam perbincangan. Seperti diketahui, JIS diresmikan oleh Anies dan disebut sebagai salah satu prestasi ketika masih menjabat sebagai gubernur karena berhasil menghadirkan stadion dengan standar internasional.

Gambar 8. Grafik Top Words

Bagi pendukung Anies Baswedan, perhelatan ini menunjukan kemegahan JIS yang dapat menampung penonton hingga 70.000 orang. Mereka juga mengelu-elukan Anies yang ikut menonton konser Dewa 19 bersama sejumlah tokoh politik lain, terutama Agus Harimurti Yudhoyono.

Gambar 9. Twit yang mengelu-elukan Anies dan JIS

Seperti pisau bermata dua, kehadiran Anies Baswedan dan penggunaan JIS sebagai venue konser Dewa 19 juga mendapat kritik dari warganet. Pemilihan JIS bahkan dianggap sebagai dukungan Ahmad Dhani kepada Anies Baswedan. Kesuksesan konser di tempat tersebut akan mengangkat pamor Anies. Sedangkan publik banyak yang merasa JIS secara infrastruktur belum siap apabila digunkan untuk melangsungkan acara besar.

Gambar 10. Twit kritik JIS dan Anies

Meskipun wacana di seputar topik ini berkaitan erat dengan eksitensi Anies, akan tetapi ia justru bukan menjadi sosok yang paling banyak disebut oleh warganet. Anies hanya menempati posisi kedua dengan 2.634 kali penyebutan. Di tempat pertama justru ditempati Prabowo Subianto dengan 3.430 kali penyebutan. Kehadiran Prabowo menjadi buah bibir utama warganet dengan berbagai macam sudut pandang perbincangan.

Gambar 11. Grafik Top People
Gambar 12. Eksistensi Prabowo dalam perbincangan

Eksistensi Prabowo Subianto pada perbincangan topik ini mengungguli Anies Baswedan meski tidak banyak isu yang berkaitan langsung dengan Prabowo. Berbeda dengan Anies yang dikaitkan dengan penggunaan JIS. Eksistensi Prabowo di dalam perbincangan ini hanya sebatas kehadirannya menonton konser saja. Sebab, sebelumnya Dhani sempat menjadi pendukung Prabowo pada Pilpres 2019 silam.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: