BerandaCurrent ReportKebangkitan Film Horor & Perbincangannya di Jagat Medsos

Kebangkitan Film Horor & Perbincangannya di Jagat Medsos

Published on

Film KKN di Desa Penari seolah jadi penanda kebangkitan kembali film horor Indonesia. Film itu kini memuncaki daftar film paling banyak ditonton di bioskop. Dan film horor kembali menjadi perbincangan di jagat media sosial twitter.

Melejitnya film horor KKN di Desa Penari juga jadi awal menggeliatnya perfilman setelah 2 tahun lesu diterjang pandemi Covid-19. Tak tanggung-tanggung jumlah penonton film itu telah menembus 8,6 (data 2 Juni) juta lebih. 

Dengan angka jumlah penonton sebanyak itu menjadikan film horor mencatat rekor penonton tertinggi di Indonesia, baik untuk kelas genre horor maupun kelas umum. Mengalahkan film legendaris yang sebelumnya ditempati Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! part 1 (2016) selama 7 tahun atau Pengabdi Setan (2017) di kelas genre horor yang tak terkalahkan selama 5 tahun terakhir.

Gambar 1. Film Indonesia terlaris berdasarkan jumlah penonton (2007-2022)

Animo masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter ketika menanti film KKN di Desa Penari sejak pertama kali diumumkan akan tayang 2 tahun lalu hingga puncaknya terjadi pada bulan Mei ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia masih menaruh harapan besar pada film horor lokal ini.

Fakta lain bahwa film ini juga beredar dan menjadi trending di Malaysia (tembus 1 juta penonton) juga menambah catatan positif terkait dunia perfilman Indonesia. Mengingat selama masa pandemi film Indonesia tidak banyak yang bisa tembus 1 juta penonton.

Dari catatan Film Indonesia, sebelum pandemi (2019) perolehan penonton film Indonesia di bioskop berkisar di atas 1 jutaan dengan perolehan tertinggi di angka 5 juta untuk Dilan 1991. Namun, ketika pandemi Covid menerjang Indonesia mulai awal 2020 jumlah penonton turun.

Pada 2020 hanya ada 3 film yg tembus 1 juta ke atas, yaitu Milea: Suara dari Dilan, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini, dan Akhir Kisah Cinta Si Doel. Kemudian pada tahun 2021 hanya Makmum 2. Dan pada tahun ini, selain KKN Desa Penari juga ada Kukira Kau Rumah dan Kuntilanak 3. Sisanya hanya tembus ratusan ribu tiket.

Hal yang menarik adalah selama pandemi ada 3 film horor yang meraih antusiasme tinggi. Bahkan pada 2021, Makmum 2 berhasil menarik antusiasme masyarakat ketika industri ini terpuruk. Demikian pula yang terlihat pada semester pertama tahun 2022 ini. Film horor masih jadi magnet tersendiri bagi masyarakat untuk kembali ke bioskop.

Jika dirunut sejak tahun 2008, rekor film horor Indonesia sebelumnya disandang Tali Pocong Perawan selama 9 tahun dengan perolehan 1 juta penonton. Pada April 2017, film Danur: I Can See Ghosts berhasil melampaui rekor tersebut dengan 2,7 juta penonton. Rekor tersebut hanya bertahan selama 6 bulan sebelum berpindah ke Pengabdi Setan (4,2 juta penonton). Butuh waktu hampir 5 tahun sebelum rekor tersebut dipecahkan oleh KKN di Desa Penari

Opini Warganet dalam Perbincangan Seputar Film Horor

Menggunakan media monitoring, Netray menunjukkan bagaimana perbincangan warganet saat ini ketika membahas film horor di Twitter. Di momen tingginya antusias masyarakat terhadap penayangan KKN Desa Penari tentu saja porsi pembahasan film horor akan banyak membicarakan film tersebut. Tetapi, bisa dilihat bagaimana kecenderungan warganet ketika membahas film horor Indonesia kini?

monitoring netray: film horor indonesia
Gambar 2. Perbincangan film horor di Twitter

Perbincangan film horor Indonesia di Twitter selama periode 1 Januari hingga 25 Mei 2022 didominasi oleh arah perbincangan negatif, walaupun di masa yang sama antusias dan apresiasi yang tinggi banyak ditemukan ketika membahas Film KKN Desa Penari yang tengah jadi trending. Perbandingan perolehan twit dengan kata kunci ‘film && horor && indonesia’ adalah 1,2 ribu untuk twit positif dan 3 ribu untuk twit bersentimen negatif.

Opini positif disumbang oleh apresiasi terhadap film KKN di Desa Penari yang meraih rekor penonton tertinggi sepanjang masa. Selain itu juga diisi oleh harapan positif terhadap perkembangan industri film Indonesia secara umum maupun horor secara khusus. 

Sementara itu, opini negatif diisi oleh sejumlah kritik dan diskusi terhadap film horor Indonesia, seperti adanya adegan mesum yang diselipkan dalam cerita, penempatan desa sebagai sumber horor, hingga representasi negatif karakter perempuan dalam film horor Indonesia.

This image has an empty alt attribute; its file name is qgvNifj3nCdY09u_Qyqiuvo00BikNCICNJkP7XwBUy1lVU6FKUP-aKx29HfP2IvCOxtAE4BAlgqUCRFY1sXGwIe7nlNq7ZsybYWMU7hKTwhZmOUu_uTRdaZkq1v5LuJgtAanqe7u7MIifn8X0g

This image has an empty alt attribute; its file name is Ocht7sfc2FNTb_dBPYNZaIjT_Ow5UzibmGIOKS-ypwHlgU4SKlbWwVawNhOMGxxDifdKURk1GiZKvxsZH_fA9KfUGJbotdi_Ttr5uOa0g4GrxQoKCOLQVT6oV8E9dI7gtfvzBS6TTG6rYQyJLA
Gambar 3. Sampel twit positif

This image has an empty alt attribute; its file name is pli9U3ozauXuf-5N6ve5ADtth1urEikWFKo5_mHrfYvNzXDEdTE6bsGRbBYVCoJcxc4ENZIFr9kt-PBPzo9F-0B2sdSRUsI3ibVtexEPZpDsMSKvbpodRxxqGD-iXnMlZ1HXlg7GAcJxy3aCng

This image has an empty alt attribute; its file name is WMQvdDOgUSurVR6LOcqrnoon-8EOnhuIrp7EqyaOZ4V6VVOujELVJdYNANbSnafM0IdC5elEgxVIUlztKvOYvkc0mlPZU0JCItgJSVFu9MYlLQ89AHu4AAkyXSf_X-Ujn_eyW0-H9rm50Ex5Zw
Gambar 4. Sampel twit negatif

Diskusi Film Horor: Refleksi Pedesaan, Budaya Mistisme, & Dominasi Perempuan

Di satu sisi warganet mengkritisi film-film horor Indonesia yang masih menempatkan desa sebagai sumber horor di mana di dalamnya juga kental dengan budaya mistisme. Dijelaskan warganet bahwa ketidaktahuan soal desa kemudian mengerucut ke kesan “seram” dan “ngeri” yang telah ada dalam memori kolektif seperti yang tergambar pada Perempuan Tanah Jahanam hingga KKN Desa Penari.

Namun di sisi lain ada juga warganet yang justru menganggap hal ini sebagai ciri khas horor lokal, sehingga menimbulkan kesan otentik jika dibandingkan dengan horor internasional yang mengeksplor kengerian teror boneka atau hantu tertentu.

This image has an empty alt attribute; its file name is yZivuZXpZZ0tlH27W2nWFfSjJEftCuQI_r4ZtJGVdCB44Brse1Fo_ZvM09Eg-b8WQzsd3O12Z_7ntSjEBARIi-tgbQyqMobUQ4Tdle6zt3meHcSLHxij9J2elk5Td1MiZ-55lwhkWnFg8SZZPQ

This image has an empty alt attribute; its file name is 0NBmljrf0phtn6Dl7SPT9kYnVSyYnAZMpNx5HZPFE33mE859Q1atdoYcDqcDHXaB_kidJKegB2xIfud_vPMWz5lGKj6VeayemoAQ2sHZJrZBHLXutM9lyoO1-oFRgDjgYEOChMtISmww5H4Ovg
This image has an empty alt attribute; its file name is gEk5wzu2NGA50n4jY3fEA7yY3-VTqDu1btsh8yOig2nnRRWgemBQP9mu_bQOIcaGyYW6TX8DIMjKzspxbyY7dwMl-M_HKEitU3tXFCYaG4WYQzV4nTL52f0LWwXM1XigN-Vfm0FblUproELHEw
Gambar 5. Twit diskusi film horor

This image has an empty alt attribute; its file name is lPB8wmUfLN5mO2QIG0774FeQ23kJ0K3D97uV0p8I8V_hYrwWE9eAe0rmvVACiSEeW-q3cPPbFwtuSqXUIiaYwnEUXV38TiYYqA6Kd_VpClScvELICFYeSJdiS8aHsS1QiJ2Wc2K92sj6SEuaPA

Selanjutnya adalah menyoal dominasi perempuan dalam film horor Indonesia. Karakter perempuan dalam film horor Indonesia menurut warganet kerap digambarkan sebagai seorang pemberontak yang sedang menghadapi ketidakadilan laki-laki, baik secara personal maupun dalam sistem yang korup. Bahkan sebelum KKN di Desa Penari, Pengabdi Setan (2017) yang jadi manifestasi kesuksesan horor kontemporer Indonesia karena ditayangkan di banyak layar internasional juga menempatkan perempuan sebagai hantu utama. 

This image has an empty alt attribute; its file name is ys6okTXqOIwZCAmorY4Je3G9hoA6z-aoH4GaZA2Au_fRBCMcXS_f_Bfs5Fh8vEOgDzHedonuloYgirVHf5VV7S0tP5sJDWBnWVh8Ll72WgRf_fdyf1WE-K7YGfGbpruRFGA-FtLZV6_PY0yNjw
Gambar 6. Sampel twit diskusi karakter film horor

This image has an empty alt attribute; its file name is 8fVozLqQJZrnB8EqBaRb9vIHIAvJkUu_zfx-RjCTakpYHUNaD2pwl7jq-hzg_bkTdLfu3IwTwm-pXrYyExzEpSJUGHrZhZS1bYHC3qf0a0UQmgobtqE1gpxV6Yegzzz0XI1jF_5hSl8limQfmw

Jika dilihat dari segi pemilihan karakter perempuan sebagai hantu, film-film horor kontemporer Indonesia memiliki intertekstualitas dengan film-film horor Indonesia pada periode 1926-1998 di mana 2/3 dari jenis hantunya adalah perempuan.

Mengingat film horor terlaris saat ini diadaptasi dari cerita thread di Twitter, obrolan soal “apakah thread horor akan semakin subur?” pun kerap muncul dan jadi pertimbangan tersendiri. Sebab hal itu dinilai tidak terlepas dari bagaimana orang yang pernah membaca thread tersebut mengetahui garis besar cerita kemudian penasaran untuk melihat bentuk visualnya. 

Tidak heran apabila sejumlah warganet merekomendasikan sejumlah thread horor yang mereka sukai kepada sutradara film ternama seperti Joko Anwar maupun Ernest Prakasa untuk diangkat menjadi film.

This image has an empty alt attribute; its file name is x3-N-1tABhgjGSb9zDa7-rFlOsiCud_e_a7c__M7zfUZhYvPjxabBgyjnU-FKkbb4SpptlC0nPF9i2_9TUbDK2P2nwol5XqW0b1YCvup852pkGDezNGiIJOyPv1wq4BmdgGItzRlUJ_gQO14GQ
Gambar 7. Sampel twit

This image has an empty alt attribute; its file name is 4IMlRtBXN1Dw_57lKUV6UIYl2ePRG-7Dg2bA9MJG16X72YNcE9OEp_kLYaDPflJ005lduBWcAOHlZoqRwMUKmjCmAL72X6AF-SjF1vRzN9aR-twgUzE7K4Ks23sNBG0zNVNi_phVS5PTg4spBA

Thread horor Sewu Dino milik @SimpleMan, penulis KKN di Desa Penari yang dikabarkan juga akan menyusul dijadikan film oleh MD Pictures. Hal itu terbukti telah ramai diperbincangkan dan menjadi satu dari sekian film horor yang ditunggu oleh warganet.

Selain itu, warganet juga menaruh harapan besar terhadap film Pengabdi Setan 2, dan Keramat 2 yang juga sangat dinantikan ketika membicarakan film horor paling ditunggu tahun ini.

Demikian hasil pantauan dan analisis Netray. Simak hasil analisis lainnya di analysis.netray.id atau medium.com/netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Luhut Usulkan Revisi UU TNI, Warganet: Kembali ke Orde Baru?

Wacana revisi UU TNI yang diusulkan Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu sempat naik...

Uji Coba Foto Layar Penuh Instagram Banjir Kritik

Belum lama ini Instagram mendapat kritik keras dari penggunanya. Hal tersebut dipicu oleh uji...

Teori Cocoklogi dan Kritik Warganet Mereview Pengabdi Setan 2

Pengabdi Setan 2: Communion akhirnya rilis pada 4 Agustus 2022. Sebagai salah satu film...
%d blogger menyukai ini: