HomeCurrent ReportHUT Partai Gerindra: Pujian Jokowi hingga Kehadiran Kader Eks Demokrat

HUT Partai Gerindra: Pujian Jokowi hingga Kehadiran Kader Eks Demokrat

Published on

Partai Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindra) baru saja merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Acara HUT kali ini tak mengundang banyak pihak seperti pejabat pemerintahan atau partai politik lainnya, hanya dikhususkan untuk internal partai saja.

Netray ingin memantau serba-serbi yang muncul dalam HUT partai yang telah ada sejak 2008 ini. Dengan menggunakan kata kunci hut gerindra dan hari ulang tahun&&gerindra selama periode 5-7 Februari 2024 ditemukan sebanyak 326 berita dari 89 media memberitakan topik ini.

Gambar 1. Statistik Pemberitaan Isu HUT Gerindra

Kata jokowi banyak muncul dalam pemberitaan selain prabowo, partai dan ketua. Hal ini karena Jokowi turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Gerindra melalui sebuah video. Nama Jokowi muncul dalam 88 berita atau sekitar 27 persen dari total berita yang terhimpun terkait kata kunci hut gerindra. Tak hanya ucapan selamat, dalam video singkat berdurasi 1 menit 26 detik Jokowi menyinggung soal potensi elektabilitas Partai Gerindra dan Prabowo.

Gambar 2. Top Words HUT Gerindra
Gambar 3. Top Entitas

Tak mau kalah, Prabowo turut memuji kinerja Jokowi yang memperlihatkan kerja keras selama ia bergabung di bawah kepemimpinannya. Selain itu, Prabowo melihat Jokowi berani mengambil keputusan meski mendapat tekanan dari banyak pihak. Ia mencontohkan saat masa pandemi Covid-19 banyak pihak menekan Presiden agar melakukan lockdown. Namun kebijakan ini sulit diterapkan karena berisiko mengganggu perekonomian rakyat kecil yang bekerja dengan upah harian. Akhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar diputuskan sebagai solusinya. Hal ini terlihat seperti yang diberitakan oleh Kompas.

Gambar 4. Sampel berita
Gambar 5. Pernyataan Prabowo

Nama lain yang tampak jadi sorotan dalam jajaran top words yakni Sandiaga Uno. Ia disebut dalam berita dengan kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang hadir dalam acara ini. 

Gambar 6. Sampel berita

Menariknya, nama Sandiaga juga muncul dalam berita terkait utang-piutang Rp50 miliar dengan Anies Baswedan saat Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Di samping itu, ada perjanjian politik antara Sandi, Prabowo, dan Anies yang tertuang dalam tujuh poin. Meskipun perjanjian tersebut diberitakan ditulis oleh Fadli Zon, ia tak mau mengakui secara terang-terangan isi perjanjian tersebut.

Mengingat Pemilu 2024 yang tak lama lagi berlangsung, kata cawapres juga menjadi sorotan dalam topik ini. Sebanyak 34 berita muncul membicarakan cawapres bagi Prabowo. Pembahasan cawapres muncul saat Prabowo memberikan sambutan, kemudian salah satu kader menyeletuk menanyakan hal tersebut. Ketum Gerindra inipun menjawab dengan santai bahwa ia pun belum tahu siapa orangnya.

Gambar 7. Sampel berita
Gambar 8. Pernyataan Muzani

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menilainya sebagai ungkapan gurauan. Muzani mengakui jika pada momen tersebut sosok cawapres belum diputuskan. Tak hanya itu, calon presiden koalisi pun belum ada. Sedangkan terkait dengan keinginan rekan koalisi, PKB meminta sebelum bulan Ramadhan tiba, mereka sudah harus mendeklarasikan pasangan capres-cawapres.

Gambar 9. Sampel berita

Eks kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahean juga turut hadir dalam HUT Gerindra. Ia mengaku telah bergabung sejak Januari 2023 setelah hengkang dari Demokrat pada 2020. Namun dari pihak Gerindra belum memastikan soal status Ferdinand sebagai anggota resmi.

Sepanjang periode pemantauan, Kompas menjadi media yang paling sering memberitakan topik ini yakni sebanyak 22 berita. Kemudian selanjutnya ada, situs berita Merdeka dengan 19 berita dan Warta Kota sejumlah 17 berita.

Gambar 10. Sampel berita

Pantauan Kanal Youtube Isu HUT Gerindra

Perhelatan HUT Gerindra juga tampak dibahas di kanal Youtube. Dengan kata kunci dan periode yang sama ditemukan sebanyak 138 unggahan membahas topik ini. Video-video tersebut telah disaksikan sebanyak 718,3 ribu kali dan memperoleh likes sebanyak 8.246.

Gambar 11. Statistik Unggahan Youtube

Kanal milik Kompas TV dan Kompas menjadiyang paling banyak mengunggah soal HUT Partai Gerindra. Dari 12 video yang telah diunggah Kompas TV, diperoleh impresi hingga 398,9 ribu kali. Kemudian disusul oleh Kompas sebanyak 9 unggahan dengan impresi 130,8 ribu kali.

Gambar 12. Channel Populer

Unggahan dari KOMPASTV tertanggal 6 Februari 2023 yang menampilkan pidato lengkap Prabowo pada acara HUT ke-15 Gerindra menjadi video terpopuler selama periode pemantauan. Unggahan ini telah ditonton sebanyak 149,5 kali, mendapat 1,4 ribu likes dan komentar sebanyak 495.

Gambar 13. Video YouTube Populer
Gambar 19. Sampel komentar

Komentar warganet beraneka ragam. Namun, isu Prabowo yang akan dipasangkan dengan Ganjar saat Pesta Demokrasi mendatang menjadi yang paling sering digaungkan oleh warganet. Di sisi lain, beberapa warganet lebih menginginkan Anies Baswedan menjadi RI 1 alias presiden pada 2024 mendatang. Selain itu ada pula warganet yang kecewa dan merasa dikhianati karena Prabowo masuk pemerintahan Jokowi yang dulu menjadi rivalnya saat Pilpres 2024. 

Gambar 20. Sampel Komentar Warganet

CNN Indonesia menjadi satu-satunya kanal berita yang mengunggah video utuh sambutan Presiden Jokowi. Unggahan ini hanya dilihat sebanyak 7,2 ribu kali dan mendapat 123 likes serta 27 komentar dari warganet. Meski yang tampil di video adalah Presiden Jokowi, ada saja komentar warganet yang menyasar Fadli Zon sebagai Wakil Ketua Umum Gerindra. Fadli dianggap sebagai penghambat keberhasilan Prabowo.

Gambar 21. Unggahan Sambutan Jokowi CNN Indonesia
Gambar 22. Sampel Komentar Warganet

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: