HomeCurrent ReportHistory Pemilik Mie Gaga Raih Impresi Positif, Sempat Langka di Pasaran

History Pemilik Mie Gaga Raih Impresi Positif, Sempat Langka di Pasaran

Published on

Akhir-akhir ini nama pengusaha Djajadi Djaja mencuat di dunia maya dan menjadi bahan perbincangan warganet Twitter. Djajadi adalah pemilik brand Mie Gaga yang memiliki “history” dengan brand mie instan Indomie. Bahkan imbas dari isu ini, produk Mie Gaga sempat langka lantaran banyak diserbu masyarakat. 

Perbincangan tentang Djajadi menjadi viral setelah adanya unggahan dari konten kreator TikTok bernama @hizkiaontiktok. Konten yang diunggah pada 21 Agustus tersebut menampilkan sosok Djajadi tengah berbicara hasil rekayasa teknologi AI. Hizkia memperkenalkan sosok Djajadi yang ternyata merupakan pencetus produk Indomie.

Dalam video tersebut, muncul pernyataan ‘tapi, saya disingkirkan dari produk yang telah saya lahirkan sendiri,’. Pernyataan tersebut memancing perhatian warganet hingga akhirnya mencari tahu siapa sosok Djajadi dan bagaimana sejarahnya dengan Indomie. Ketika tulisan ini terbit, video tersebut telah ditonton sebanyak 27,3 juta kali dan disukai sebanyak 1,6 juta kali.

Melihat isu ini, Netray Media Monitoring turut memantau perbincangan warganet Twitter dengan menggunakan kata kunci Djajadi Djaja, mie gaga, dan mi gaga. Netray ingin melihat seberapa besar atensi warganet Twitter dan seperti apa perbincangannya. Hasilnya dapat disimak pada ulasan berikut. 

Mie Gaga Raih Impresi Positif Warganet

Berdasarkan tiga kata kunci tersebut, Netray menemukan sebanyak 7,8 ribu twit dengan total impresi mencapai 5,2 juta reaksi. Topik ini ternyata telah diperbincangkan oleh lebih dari 3 ribu akun dalam sepekan periode pemantauan. Bahkan secara potensial, topik tersebut mampu menjangkau hingga 42,3 juta akun.

mie gaga
Gambar 1. Statistik perbincangan warganet Twitter

Ketiga kata kunci ini mulai dicuitkan warganet sejak awal pemantauan, yakni 26 Agustus 2023. Namun, pada hari tersebut hanya ditemukan 2 twit dalam satu hari. Twit tentang topik ini mulai ramai diunggah warganet pada tanggal 29 Agustus 2023 dengan total 53 twit. Selang satu hari, unggahan terkait hal ini melesat hingga 4,5 ribu twit dalam satu hari. 

Gambar 2. Grafik intensitas perbincangan warganet
Gambar 3. Grafik sentimen trend

Topik Mie Gaga dan Djajadi in mendapat atensi besar dari warganet. Hal ini terlihat dari jumlah impresi yang terkumpul dari pantauan Netray. Tak hanya itu, topik ini semakin mendapat perhatian setelah diunggah oleh akun-akun yang memiliki jaringan luas pada kanal Twitter. 

Akun yang paling banyak mendapat impresi terkait kata kunci di atas ialah akun pribadi milik dr. Tirta. Akun ini mengunggah dua twit yang berkaitan dengan kata kunci. Melalui dua twit tersebut, dr.Tirta mendapat 12,6 ribu reaksi dari warganet. Twit terpopuler dari pemilik akun dengan jumlah followers mencapai 510,4 ribu ini memuji pembuat konten edukasi Mie Gaga yang telah membuat dirinya mencari dan menyetok produk tersebut. 

Gambar 4. Jajaran top akun berdasarkan popularitas
Gambar 5. Kumpulan twit dari dr. Tirta

Sedangkan akun kedua yang mendapat impresi tinggi atas topik ini ialah akun bernama @muthiastp. Pada twit terpopulernya, akun ini membagikan dua video tentang Mie Gaga yang tengah viral di TikTok. Pada keterangan twitnya, Muthia menjelaskan jika masyarakat kini beralih ke produk ini lantaran history kelam dari Indomie. Selain itu, Muthia juga menilai produk Mie Gaga varian mie goreng pedas memiliki cita rasa yang enak.

Gambar 6. Twit dari Muthia

Senada dengan Muthia, kedua akun di bawah ini juga menilai Mie Gaga memiliki cita rasa yang tak kalah dengan pesaingnya. Akun-akun ini menyampaikan bahwa produk mie milik Djajadi sudah sejak lama memiliki rasa yang enak, jauh sebelum konten-konten tersebut ramai dibahas warganet. Mereka juga senang lantaran publik akhirnya mengetahui kelezatan produk ini. 

Gambar 7. Twit dari @awanberiak
Gambar 8. Twit dari @hendery_huang8

Ramainya topik tentang Mie Gaga membuat warganet lainnya pun lantas penasaran dan tak sedikit yang akhirnya mencoba membeli produk ini. Seperti akun-akun di bawah ini yang awalnya penasaran dengan rasa mi tersebut dan akhirnya memutuskan untuk membelinya. Bahkan salah satu akun menyebut jika dia membeli produk tersebut sebagai bentuk support kepada Djajadi. 

Banyaknya peminat Mie Gaga membuat produk ini sempat susah dicari di pasaran.  Meski kata ‘susah’ terdeteksi sebagai kategori komplain, twit-twit yang mengandung kosakata tersebut justru terindikasi bersentimen positif. Keluhan warganet didominasi dengan cuitan tentang sulitnya mencari varian Mie Gaga dan harapan agar produk ini tidak mudah didapat setelah viral diperbincangkan warganet. Hal ini tentu saja memberikan impresi positif bagi produk tersebut. 

Gambar 9. Jajaran top komplain

Terungkapnya kisah pencetus Indomie ini telah berhasil meraih atensi publik, terutama warganet. Tak hanya mendulang simpati, warganet pun berbondong-bondong membagikan pengalamannya sebagai pelanggang Mie Gaga yang dinilai memang lebih enak dibanding pesaingnya tersebut. 

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: