HomeCurrent ReportRekomendasi Wisata 'Hidden Gem' Jogja ala Warga TikTok

Rekomendasi Wisata ‘Hidden Gem’ Jogja ala Warga TikTok

Published on

Sebentar lagi pergantian tahun akan tiba. Tentu akan lebih seru jika dinikmati sembari berkunjung ke tempat-tempat yang sedang hype di kalangan warganet. Lantas, kota mana sih yang paling direkomendasikan para TikToker? Dan tempat wisata seperti apa yang paling banyak menjadi incaran warganet? Yuk, kita pantau lewat Media Monitoring Netray.

TikTok kini menjadi media sosial yang mengalami kenaikan pesat dari segi jumlah penggunanya. Menurut data Hootsuite (We are Social), dibandingkan tahun 2021 yang hanya menyentuh angka 38,7%, di tahun 2022 pengguna platform TikTok di Indonesia mencapai 63,1% dari jumlah populasi. Tidak heran jika kini TikTok menjadi salah satu media promosi dan kerap jadi rujukan warganet ketika mencari ide wisata.

Netray menggunakan kata kunci ‘hiddengems’ sebagai langkah awal untuk melihat tempat mana atau makanan apa yang dijadikan rekomendasi warga TikTok. Hasilnya, dalam periode pemantauan sebulan terakhir yakni 21 November-20 Desember 2022 ditemukan sebanyak 241 post yang menggunakan kata kunci. Penggunaan tagar tersebut menarik perhatian warganet, terlihat dari jumlah impresi yang terkumpul mencapai 1,7 juta reaksi dan diputar sebanyak 19,8 juta kali.

Gambar 1 Statiktik Unggahan Keyword hiddengems di Kanal TikTok

Selain dapat melihat statistik unggahan dari kata kunci tersebut, Netray juga dapat menemukan tagar yang berkaitan dengan VT (Video TikTok) ini. Dari gambar di bawah ini, terlihat #fyp menduduki peringkat kedua setelah #hiddengems. Tagar For Your Page yang berarti halaman rekomendasi ini disertakan dalam VT ini tentu saja sebagai salah satu cara agar VT ini dapat menggaet penonton yang lebih banyak.

Selain itu, terdapat dua tagar yang menyebutkan salah satu kota di Indonesia, yakni Jogja. Di urutan ke tiga terdapat #jogja, lalu urutan ke-6 terdapat #jogja24jam. Berdasarkan tagar tersebut, Jogja menjadi salah satu lokasi yang direkomendasikan TikTokers terkait kunjungan tempat wisata atau kuliner hidden gem.

Gambar 2 Jajaran Top Hastags

Untuk melihat lebih rinci hidden gem wilayah Jogja seperti apa yang direkomendasikan, Netray menambahkan kata kunci pemantauan, yakni ‘hidden gem && jogja’ dan ‘hiddengemjogja’. Hasilnya ialah kata kunci ‘hiddengemjogja’ memiliki jumlah post lebih banyak dibandingkan dengan ‘hidden gem && jogja’. Meski berbeda 10 post, namun perbedaan total play dan raihan impresi kedua kata kunci ini terlampau jauh berbeda.

Gambar 3 Statistik Keyword hidden gem && jogja dan hiddengemjogja

Kuliner Hidden Gem Jogja

Dari kumpulan Top Words (Gambar 3 ) VT terkait kuliner mendominasi unggahan yang berkaitan dengan kata kunci ini. Artinya, warganet lebih banyak membagikan rekomendasi tempat kuliner Jogja dibandingkan dengan rekomendasi tempat wisata. Lalu, tempat kuliner mana yang menjadi rekomendasi?

1. Camon Food and Place

Hidden gem kuliner Jogja yang paling banyak mendapat impresi ialah video yang menampilkan Resto Camon Food and Place. Video yang diunggah oleh akun @okeocik tersebut menampilkan sebuah restoran yang menyuguhkan makanan khas Vietnam. Resto yang terletak di daerah Demangan Baru ini cocok untuk para pecinta makanan khas dari Macan Asia Timur ini.

Gambar 4 Unggahan @okeocik

2. Bakmi Jawa dan Rica Giyatno

Warung makan kaki lima, Bakmi Jawa dan Rica Giyatno yang terletak di Jalan Magelang menjadi rekomendasi kedua berdasarkan jumlah impresi yang diperoleh. Akun yang memperkenalkan warung makan ini ialah akun @manggokhalifa. Dalam VT tersebut tak hanya menunjukkan makanan khasnya, rica-rica tapi juga memperkenalkan salah satu menu yang unik, yakni protol. Dari unggahan tersebut, @manggokhalifa memberikan penilaian 9/10 terhadap resto tersebut.

Gambar 5 Unggahan @manggokhalifa

3. Warung Makan Bu Sum

Warung makan hidden gem selanjutnya yang paling banyak mendapat impresi ialah Warung Makan Bu Sum yang terletak di Pasar Tradisional Bringharjo. Warung makan ini diperkenalkan oleh akun @rahadityaaldi pada 1 Desember 2022. Dalam unggahan tersebut Rahaditya menyebutkan salah satu makanan yang paling dicari-cari ialah sate ayam. Alhasil, VT ini pun mendapat ratusan impresi dari warganet lainnya.

Gambar 6 Unggahan @rahadityaaldi

Coffee Shop

Kosakata selanjutnya yang mendominasi pencarian ini ialah coffee shop. Yaps, kedai kopi di kota wisata satu ini tentu dapat ditemui di setiap sudutnya. Namun, ada beberapa yang jadi rekomendasi warganet untuk dikunjungi seperti yang telah Netray rangkum berikut.

1. Bonbale Slow Bar

Coffee shop Bonbale yang terletak di daerah Turi ini paling banyak mendapat impresi dari warganet setelah diunggah oleh akun @ngopihariini. Dalam video yang diunggah pada 1 Desember tersebut, @ngopihariini menyuguhkan setiap sudut dari coffee shop ini. Menawarkan pesona alam yang ditata dengan indah dan dipadukan dengan mini farm membuat kedai kopi ini menarik untuk dikunjungi.

Gambar 7 Unggahan @ngopihariini

2. Mocoffelo

Masih diunggah oleh akun @ngopihariini, coffe shop kedua yang paling banyak mendapat impresi dari warganet ialah Mocoffelo. Kedai kopi yang terletak di daerah Maguwoharjo ini mengusung konsep mini bar. Cocok nih buat kamu yang suka dunia kerlap kerlip malam.

Gambar 8 Unggahan @ngopihariini

3. Mood River Garden

Bagi yang mencari coffee shop kids friendly, ini dia rekomendasi di urutan ketiga dari warga TikTok; Mood River Garden. Kedai kopi yang menyuguhkan pemandangan sungai ini dinilai menjadi salah satu daya tarik. Mengusung nuansa tropical coffee shop, kedai kopi yang terletak di daerah Ngemplak ini cocok untuk nongkrong bersama anak-anak.

Gambar 10 Unggahan @ngopihariini

Wisata Hidden Gem Jogja

Selain kuliner dan coffee shop, hidden gem Jogja selanjutnya yang paling banyak direkomendasikan warga TikTok ialah destinasi wisata. Jogja yang dikenal sebagai kota wisata tentu saja memiliki banyak pilihan destinasi bagi pelancongnya untuk menikmati setiap sudut kotanya. Berikut adalah rekomendasi warganet untuk kamu yang sedang mencari hidden gem pariwisata yang ada di Jogja.

1. Agro Wisata Bhumi Merapi

Tempat wisata pertama yang direkomendasikan warganet berdasarkan jumlah impresinya ialah Agro Wisata Bhumi Merapi. Tempat wisata yang menyajikan wisata edukasi peternakan dan perkebunan ini terletak di daerah Pakem. Perpaduan antara wisata edukasi dengan spot-spot foto yang epic menjadikan tempat wisata ini sangat populer dan cocok untuk wisata bersama keluarga.

Gambar 11 Unggahan @agrowisatabhumimerapi

2. Pantai Kesirat

Bagi yang suka dengan wisata alam, Pantai Kesirat cocok untuk dimasukkan ke dalam daftar. Pantai yang terletak di Gunung Kidul tersebut memiliki pemandangan yang mempesona dari atas tebing. Namun, kamu juga bisa melakukan camping di sini. Sebab, banyak warganet yang justru memilih sekalian berkemah untuk menikmati momen matahari terbenam dan terbit sekaligus. Tak hanya menyuguhkan hamparan batu yang menjulang tinggi, pohon abadi menjadi ikon bagi pantai ini.

Gambar 12 Unggahan @,nan76

3. Obelix Village

Masih tergolong baru, Obelix Village menjadi tempat wisata yang juga direkomendasikan oleh warga TikTok. Tempat wisata yang baru saja resmi dibuka pada 15 Oktober 2022 ini ternyata sudah menarik perhatian warganet. Obelix Village mengusung tema ‘back to nature’ dengan menyajikan mini farm dan juga little zoo. Jadi, tak hanya untuk orang dewasa saja, Obelix juga cocok dijadikan wisata edukasi bagi anak-anak.

Gambar 13 Unggahan @wahyutriutomoo

Tak hanya dikenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga dikenal sebagai Kota Kuliner dan Kota Wisata. Menduduki 10 besar dalam jajaran kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan tahun 2021, ternyata Jogja begitu banyak menyuguhkan pesonanya di sektor wisata dan kuliner. Tak melulu soal Malioboro, Jogja juga memiliki hidden gem kuliner dan wisata yang tak kalah menggiurkan. Hidden gems kuliner atau tempat wisata mana lagi nih yang menurut kamu patut untuk dicoba?

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: