Beranda#Membaca2024Perbincangan Soal HUT PDI-P, Ganjar Pranowo Dominan Disebut Sebagai Bakal Capres 2024

Perbincangan Soal HUT PDI-P, Ganjar Pranowo Dominan Disebut Sebagai Bakal Capres 2024

Published on

HUT Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ke-50 tuai sorotan. Prediksi publik terkait bakal adanya pengumuman capres 2024 yang akan diusung PDI-P di momen HUT PDI-P tersebut pupus setelah acara tersebut ternyata hanya berisikan rangkaian pidato dari Ketum Megawati dan Presiden Jokowi. Meski demikian, seruan dukungan terhadap Ganjar sebagai bakal capres PDIP terlihat ramai digemakan di kanal Twitter pada momen tersebut.

Dilaksanakan pada Selasa, 10 Januari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, ulang tahun perayaan setengah abad PDI-P dihadiri oleh para kader serta sembilan menteri Kabinet Indonesia Maju (KIB) yang berasal dari kader PDIP dan menteri non-parpol. Pidato Ketum Megawati yang penuh dengan sorak sorai dari para tamu undangan menjadi sorotan publik bahkan menjadi trending Twitter dalam dua hari berturut-turut.

Untuk melihat seberapa besar media massa dan warganet menyoroti hal tersebut, Media Monitoring Netray melakukan pemantauan dengan kata kunci HUT && PDI pada dua kanal, yakni News dan Twitter. Pertama, pada kanal News ditemukan sebanyak 1.920 artikel yang menggunakan kata kunci tersebut pada periode pemantauan 5-11 Januari 2023. Berita-berita ini telah diterbitkan oleh 141 media massa Indonesia.

Gambar 1 Statistik Pemberitaan Media

Topik ini telah muncul sejak awal pemantauan, yakni 5 Januari 2023. Pada awal pemantauan, kata kunci ini dibahas dalam artikel yang berisikan tentang permohonan izin PDI-P kepada Gubernur DKI Jakarta untuk membuat acara perayaan HUT tersebut. Pemberitaan terus merangkak naik hingga mengalami puncak pemberitaan di tanggal 10 Januari 2023 yang bertepatan dengan hari penyelenggaraan.

Gambar 2 Peak Time Pemberitaan

Megawati menjadi pusat pemberitaan media lantaran pidatonya yang ternyata belum mendeklarasikan siapa sosok capres yang akan diajukan PDI-P dalam Pilpres 2024. Selanjutnya, nama yang menjadi sorotan ialah Presiden Jokowi yang turut hadir dan memberikan pidatonya pada acara tersebut. Lalu, di urutan ketiga terdapat Hasto Kristiyanto selaku Sekjen PDI-P. Keempat terdapat nama Puan dan kelima Ganjar Pranowo.

Gambar 3 Jajaran Top People

Puan Maharani digadang-gadang memiliki peluang sebagai sosok yang akan dipilih Megawati dalam Pilpres 2024. Beberapa artikel menyebutkan bahwa pidato yang didominasi dengan perbincangan kesetaraan perempuan menjadi isyarat jika Puan lah yang akan menjadi pilihan PDI-P. Melansir dari Suara, Sekjen PDI-P memberikan keterangan bahwa segala ucapan Megawati saat HUT PDIP kemarin bisa saja menjadi sinyal capres.

Gambar 4 Sampel Berita
Gambar 5 Sampel Berita

Namun menariknya, dalam jajaran Hot Issue Netray, justru nama Ganjar Pranowo mendominasi pemberitaan ini. Ganjar yang sempat dirumorkan tak memiliki hubungan baik dengan partai ini justru mendapat sentimen positif pada topik ini. Pemberitaan Ganjar yang berkaitan dengan kata kunci ini didominasi dengan pemberitaan perihal dukungan agar Ganjar dipilih dan maju dalam Pilpres 2024.

Gambar 6 Ho Issue
Gambar 7 Sampel Artikel Ganjar Pranowo

HUT PDI-P dalam Kanal Twitter

Sama ramainya dengan kanal News, topik terkait HUT PDI-P juga menuai sorotan warganet. Bahkan selama dua hari terakhir topik ini mampu bertahan dalam jajaran trending topic di Twitter. Memantau dengan kata kunci dan periode pemantauan yang sama dengan kanal News, Netray menemukan sebanyak 1.965 twit yang menggunakan kata kunci tersebut.

Perbincangan soal HUT PDI-P dicuitkan oleh kurang lebih seribu akun yang berpotensi menjangkau hingga 96,8 juta akun. Topik ini banyak mendapat atensi dari warganet, terlihat dari jumlah impresi yang mencapai 116,9 ribu reaksi.

Gambar 8 Statistik Perbincangan Twitter

Sama halnya dengan kanal News, isu ini mulai diperbincangkan warganet sejak hari pertama pemantauan. Perbedaannya ialah apabila di media pemberitaan puncak artikel terjadi pada hari H yakni 10 Januari 2023, di kanal Twitter ini lonjakan perbincangan baru terjadi pada 11 Januari 2023 atau sehari pasca perayaan. Namun, arah perbincangan terkait kata kunci ini sama seperti di media pemberitaan, yakni didominasi oleh twit bersentimen positif.

Gambar 9 Peak Time dan Sentiment Trend

Perayaan ulang tahun ke-50 partai berlambang banteng ini turut mendapat simpati dan ucapan selamat dari warganet Twitter. Tak sedikit warganet yang memberikan ucapan kepada Partai yang dinaungi oleh Megawati. Harapan dan doa baik disematkan warganet dalam twit yang mereka tujukan kepada PDI-P. Sehingga twit-twit inilah yang menjadi penyumbang sentimen positif pada kata kunci ini.

Gambar 10 Sampel Twit
Gambar 11 Sampel Twit

Hal yang menarik selanjutnya adalah, baik media pemberitaan maupun warganet Twitter kompak menaikkan nama Ganjar pada momen ini. Nama Ganjar mendominasi perbincangan warganet pada topik perayaan HUT PDI-P. Hal ini dapat diamati dari pantauan Top Words dan Top People topik HUT PDIP pada gambar di bawah.

Gambar 12 Ganjar Mendominasi Topik

Selain Megawati can Presiden Joko Widodo, Ganjar Pranowo paling banyak disebut. Sebagai tokoh politik yang masuk radar perbincangan soal capres 2024, namanya lebih banyak disebut ketimbang kandidat lain, seperti Puan Maharani misalnya. Kata ‘ganjar’ menduduki jajaran Top Words dan Top People.

Twit terpopuler dari subtopik ini pun berisikan dukungan terhadap Ganjar. ‘Jarji-Jarbeh’ atau Ganjar siji Ganjar kabeh menjadi yel-yel dukungan dari simpatisan Ganjar yang turut dicuitkan kembali oleh warganet. Twit-twit inilah yang juga menjadi penyumbang sentimen positif pada topik ini.

Gambar 13 Sampel Twit
Gambar 14 Sampel Twit

Perayaan ulang tahun PDI-P yang sempat digadang-gadang akan menjadi momen deklarasi pada akhirnya kembali membuahkan tanda tanya publik yang masih menantikan hal tersebut. Dua sosok terkuat yang dinilai menjadi pilihan Megawati dalam ajang Pilpres 2024 menjadi tokoh utama dalam pemberitaan media. Sejumlah media menyoroti Puan Maharani kala menerka sinyal dalam pidato yang disampaikan Ketum PDI-P. Di sisi lain, mention dan dukungan untuk Ganjar Pranowo pada momen tersebut menggema lebih kencang ketimbang penyebutan untuk tokoh politik lain.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Popularitas Tokoh Politik di Media Massa Online dan Media Sosial Periode Januari 2023

Netray melakukan pemantauan media online dan media sosial (Twitter, Instagram, TikTok, dan YouTube) untuk melihat...

Popularitas Partai Politik di Media Massa Online dan Twitter Periode Januari 2023

Netray melakukan pemantauan media massa online dan Twitter untuk melihat popularitas partai politik (parpol) selama 1-31 Januari...

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...
%d blogger menyukai ini: