Home#Membaca2024Mengamati Perbincangan Isu Ganjar Capres Bokep dan Antibola di Twitter

Mengamati Perbincangan Isu Ganjar Capres Bokep dan Antibola di Twitter

Published on

Ganjar Pranowo kembali menjadi pusat perbincangan setelah Hashim Djohohadikusumo melontarkan sindiran terhadap “lawan” politik Prabowo Subianto yang dinilai suka nonton bokep dan antibola. Meski tak merujuk langsung kepada Ganjar, pernyataan adik Prabowo Subianto tersebut langsung mengingatkan publik kepada sosok Ganjar yang beberapa waktu terakhir kerap dilingkupi oleh isu tersebut.

Ramainya perbincangan seputar sindiran Hashim ini dipantau Netray Media Monitoring dengan menggunakan kata kunci adik && prabowo, capres && anti && bola, capres && bokep, dan ganjar && bokep. Hasilnya ditemukan sebanyak 5,5 ribu twit mengandung kata kunci tersebut selama periode pemantauan 19-29 Mei 2023.

Gambar 1. Statistik perbincangan

Topik ini diperbincangkan oleh 2,7 ribu akun dan mendapat impresi sebanyak 2,7 juta reaksi dengan potential reach hingga 34 juta akun. Meski didominasi twit bersentimen negatif, sentimen positif juga terlihat tinggi yakni sebesar 28,67% twit.

Sindiran capres bokep dan antibola ini diujarkan oleh Hashim pada Sabtu, 20 Mei 2023 saat peresmian Relawan Prabowo Mania 08 di Surabaya. Ujaran tersebut kemudian mendapat sorotan media berita dan menjadi topik perbincangan warganet. Terlihat dari grafik di bawah ini, puncak perbincangan terjadi di tanggal 21 Mei 2023 dengan total mencapai 1,4 ribu twit dalam satu hari. Setelah itu perbincangan warganet terkait kata kunci ini terlihat fluktuatif.

Gambar 2. Grafik perbincangan
Gambar 3. Sampel twit

Meski tak secara langsung menyebut bahwa capres bokep yang dimaksud Hashim adalah Ganjar, warganet kerap menyebut nama Ganjar ketika membahas sindiran adik Prabowo tersebut. Hal ini mengingat pernyataan Gubernur Jawa Tengah tersebut kala menjadi bintang tamu podcast milik Deddy Corbuzier. Pada acara bincang-bincang tersebut, ia mengutarakan jika dirinya suka menonton film porno. Pengakuan inilah yang menjadi dasar asumsi warganet kala merespons sindiran Hashim.

Gambar 4. Sampel twit

Sedangkan pernyataannya soal “yang satu lagi, lawan Pak Prabowo anti bola Indonesia, antibola nasional'” disinyalir mengarah kepada momen gagalnya pagelaran Piala Dunia U-20 yang diisukan lantaran kepentingan politik. Sikap Ganjar kala itu adalah tegas menolak Israel bertandang atas amanat konstitusi sehingga dituding menjadi salah satu sosok yang ikut andil dalam kegagalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia.

Gambar 5. Sampel twit

Atas isu capres bokep dan antibola ini Ganjar kembali diserang dengan narasi negatif. Tak sedikit warganet yang turut mempertanyakan prestasinya sebagai Bacapres 2024. Bahkan warganet juga menyebutkan beberapa permasalahan di daerah yang tengah ia pimpin, seperti banjir, angka kemiskinan, hingga rusaknya jalan Pantura.

Gambar 6. Sampel twit

Isu ini juga berdampak negatif terhadap PDIP, partai yang menaungi Ganjar. Sejumlah warganet menilai bahwa Ketum Megawati telah salah langkah dalam mendeklarasikan Ganjar sebagai Capres untuk memenangkan PDIP. Mereka pun memperkirakan jika PDI-P mungkin akan meninjau ulang pencapresan Ganjar tersebut.

Gambar 7. Sampel twit

Jika diamati lebih lanjut, sebetulnya bukan hanya Ganjar yang dihujani twit bersentimen negatif atas isu ini. Hashim yang memulai “permainan” ini pun juga mendapat kritik dari warganet yang menyayangkan sikapnya karena caranya yang salah dalam mengkampanyekan Prabowo. Bahkan warganet kembali mengingatkan Hashim yang pernah terseret kasus lantaran anaknya viral sebagai aktor bokep.

Gambar 8. Sampel twit

Dukungan untuk Ganjar Pranowo di Tengah Isu Capres Bokep dan Antibola

Viralnya Ganjar sebagai “capres bokep” justru tak menyurutkan pendukungnya untuk terus memberikan dukungan. Tak sedikit warganet yang menyatakan hal tersebut sebagai sesuatu yang lumrah. Bahkan, budayawan Sudjiwo Tedjo pun memberikan tanggapan atas kejadian ini dan menyebut penyerang Ganjar yang menggunakan isu tersebut merupakan orang-orang yang munafik.

Gambar 9. Sampel twit

Akun yang Turut Meramaikan Topik Capres Bokep dan Anti Bola

Perbincangan terkait kata kunci ini santer diramaikan selama sepuluh hari ke belakang. Adapun akun yang paling banyak mendapat impresi dari warganet terkait topik ini adalah akun @AndiSinulingga. Terlihat dari gambar di bawah ini, akun ini membagikan beberapa twit yang berkaitan dengan kata kunci. Twit-twit dari Andi didominasi oleh cuitan bernada pro dengan pernyataan Hashim sehingga memberikan sentimen negatif kepada Ganjar.

Gambar 10. Akun yang paling banyak mendapat impresi
Gambar 11. Akun @AndiSinulingga

Sedangkan akun yang paling banyak menulis topik ini ialah akun @EagleReaper01. Akun tersebut telah membagikan 75 twit yang memiliki kaitan dengan kata kunci. Terlihat dari gambar di bawah ini, akun @EagleReaper01 membagikan twit-twit yang memiliki sentimen negatif terhadap Ganjar. Twit -twit tersebut didominasi oleh cuitan yang menyebut jika Ganjar dapat merusak negara apabila terpilih sebagai presiden.

Gambar 12. Akun yang paling banyak mengetwit kata kunci
Gambar 13. Akun @EagleReaper01

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: