BerandaCurrent ReportBelum Rilis, Film Mencuri Raden Saleh Banjir Review Positif Warganet

Belum Rilis, Film Mencuri Raden Saleh Banjir Review Positif Warganet

Published on

Film Mencuri Raden Saleh yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko akan rilis perdana pada 25 Agustus 2022. Namun, berbagai ulasan dan rating untuk film ini sudah banyak bertebaran di media sosial. Film ini tidak hanya ramai dibicarakan di Twitter tetapi juga banyak dibahas di YouTube dan TikTok.

Dari pantauan Netray media monitoring, topik Mencuri Raden Saleh telah diperbincangkan sebanyak 6,1 ribu twit oleh lebih dari 2,5 ribu warga Twitter selama periode 15-21 Agustus 2022. Meskipun ketika pemantauan film ini belum dirilis, antusiasme warganet sangat tinggi karena screening film ini telah digelar di beberapa kota sehingga tidak sedikit yang membagikan ulasannya dan mengajak warganet untuk menonton film ini.

imresi film mencuri raden saleh netray
Gambar 1. Statistik perbincangan film Mencuri Raden Saleh

Film berdurasi 2 jam 34 menit ini menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang berencana mencuri lukisan bersejarah Pangeran Diponegoro karya Raden Saleh yang berada di Istana Presiden. Dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghny Haquw, Rachel Amanda, Umay Shahab, Ari Irham, Dwi Sasono, Atika Hasiholan, hingga Tio Pakusodewo.

Gambar 2. Intensitas perbincangan dan sentimen topik

Film bersubgenre heist atau drama aksi perampokan produksi Visinema Pictures ini mampu memantik perbincangan yang meriah di Twitter. Meski sentimen netral mendominasi sebanyak 59 persen, tetapi 32 persen membahas film ini secara positif atau lebih tinggi dari jumlah sentimen negatif. Sentimen netral mendominasi percakapan lantaran banyak warganet yang berburu dan menawarkan tiket.

Banyaknya ulasan yang dibagikan warganet terkait film ini juga menjadi salah satu pemantik ramainya perbincangan dan tergugahnya rasa penasaran warganet lain untuk turut menyaksikan keseruan film tersebut. Terutama hal ini diramaikan oleh akun-akun komunitas pecinta film seperti @WatchmenID, @HabisNontonFilm, hingga @moviemenfess yang memberikan ulasan positif.

Gambar 3. Jaringan percakapan

Kata-kata ulasan seperti bagus, seru, tegang, sedih, gokil, asik yang muncul dalam kumpulan kosakata populer dalam topik ini dapat menjadi gambaran seperti apa ulasan warganet ketika membicarakan film ini. Warganet menilai film Mencuri Raden Saleh menjadi angin segar dalam dunia perfilman Indonesia yang akhir-akhir ini didominasi oleh popularitas genre horor.

Gambar 4. Kosakata paling banyak muncul

Keberanian Angga Sasongko menggarap film drama aksi perampokan mendapat pujian dari sejumlah warganet. Sebab, selain berani Angga juga dinilai berhasil memberikan suguhan yang seru dan berkualitas bagi masyarakat.

Selain genre yang menarik, durasi 2,5 jam yang ditawarkan film ini juga mencuri perhatian warganet. Banyak warganet yang awalnya mempertanyakan apakah film ini akan membosankan atau tidak. Akan tetapi, tidak sedikit yang akhirnya memaklumi panjangnya durasi film ini karena keseruan yang disuguhkan.

Sementara itu, sentimen negatif yang mengisi percakapan warganet tidak begitu banyak menceritakan kekurangan film ini. Sebagian dari mereka justru kesal karena kehabisan tiket atau melewatkan gala premier. Beberapa warganet bahkan sempat tertipu oleh akun yang menawarkan tiket lewat dm media sosial karena terbutu-buru ingin mendapatkan tiket.

Ada juga beberapa warganet yang meragukan banyaknya ulasan positif untuk film ini karena dianggap berlebihan. Sehingga tidak jarang yang mulai menurunkan ekspektasi sebelum menonton.

Konten Review Film Mencuri Raden Saleh di YouTube dan TikTok

Tidak hanya ramai dibicarakan di Twitter, film Mencuri Raden Saleh juga sudah mulai diulas di YouTube dan TikTok oleh para penggemar sekaligus kritikus film.

Gambar 5. Film Mencuri Raden Saleh di YouTube

Selama seminggu pemantauan, ada 172 konten video di YouTube yang membahas film ini. Sebagian besar sentimen di kolom komentar diisi sentimen positif. Konten review paling populer adalah milik Cine Crib dengan jumlah impresi mencapai 63.842 dalam bentuk likes, comment, dan views.

Sebagian besar konten yang diunggah memiliki judul-judul yang positif. Meskipun masing-masing memberikan nilai dan ulasan yang berbeda, mereka mengapresiasi kebaruan yang ditawarkan dalam film ini dan mengajak para pecinta film mencoba menonton keseruan ini. Demikian pula yang terpantau dari kolom komentar YouTube. Banyak yang kemudian turut memberikan rating versi dirinya atau penasaran ingin segera menonton.

Tidak kalah dengan YouTube, warga TikTok juga ikut meramaikan perbincangan topik ini. Selama sepekan pemantauan, ada 159 konten TikTok yang menggunakan tagar #mencuriradensaleh. Impresi dan jumlah penonton konten TikTok ini lebih besar daripada yang dikumpulkan dari konten-konten YouTube.

Gambar 7. Impresi topik #mencuriradensaleh di TikTok

Akan tetapi, berbeda dengan konten YouTube yang sebagaian besar memang berisi review film, di TikTok konten-konten yang banyak dibagikan justru momen bertemunya penonton dengan idola mereka di gala premier. Konten ulasan memang ada, namun tidak banyak yang populer. Mungkin yang paling menarik impresi adalah milik akun @gandhifernando yang mengulas secara positif film ini dengan penjelasan yang detail seperti beberapa konten di YouTube.

Keramaian film ini di 3 kanal media sosial setidaknya telah memberikan insight yang positif bagi Visinema Pictures atas terobosan barunya lewat Mencuri Raden Saleh. Demikian pula dengan banyaknya kritikus film yang mengulas film ini secara detail dari berabagai versi mampu membuat warganet tertarik untuk menonton dan menantikan hadirnya film ini di bioskop secara reguler pada 25 Agustus mendatang.

Demikian pantauan Netray. Simak analisis lainnya di analysis.netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Kritik Warganet Menyoal Fenomena Bandara Mati Suri

Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada 17 September 2022 belum lama berlalu. Menteri Perhubungan...

Melihat Impresi Mi Instan Favorit Warganet; Indomie vs Lemonilo

Praktis dan mudah disajikan membuat mi instan banyak digandrungi masyarakat. Tak heran bila kemudian...

Popularitas Tonight Show, Talkshow Favorit Warganet

Tonight Show merupakan salah satu program di Net TV yang telah tayang sejak 27...
%d blogger menyukai ini: