HomeFilmFilm Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Published on

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar lebar Indonesia. Film bergenre komedi dengan sentuhan horor ini mampu menembus 6,2 juta penonton pada hari ke-19 pemutaran sejak 1 Februari 2024 seperti yang dilansir dari Instagram Imajinari Pictures @imajinari.id.

Gambar 1. Unggahan ‘Agak Laen; @imajinari.id

Film ini bercerita tentang empat sekawan; Boris, Jegel, Bene, dan Oki, yang membuka rumah hantu di pasar malam demi memenuhi tuntutan ekonomi. Namun nasib malang menimpa mereka. Terjadi sebuah kecelakaan saat mereka sedang menunggu pengunjung. Seseorang yang berusaha sembunyi di rumah mereka meninggal akibat terkena serangan jantung karena merasa ketakutan. Arwah orang yang ternyata caleg ini gentayangan, namun musibah ini malah membuat rumah hantu empat sekawan ini viral hingga akhirnya ramai didatangi pengunjung.

Gambar 2. Poster film ‘Agak Laen’

Apa sebenarnya yang membuat film ini terus bertahan di bioskop dan meraih jutaan penonton? Netray mencoba menangkap respon warganet yang telah menonton film ini menggunakan kata kunci ‘agak laen’ selama periode 12 -19 Februari 2024. Hasilnya kurang lebih 5 ribu akun yang menghasilkan 8,9 ribu unggahan memperbincangkan film ini. Dari unggahan yang ada mampu menghasilkan reaksi warganet sebanyak 69 ribu impresi bahkan menjangkau ke lebih dari 45,3 juta akun.

Gambar 3. Statistik perbincangan X topik film agak laen

Meski telah mengudara selama kurang lebih 2 minggu film ini masih jadi perbincangan. Terlihat pemantauan selama seminggu terakhir intensitasnya masih fluktuatif. Terlihat pada grafik di bawah pada tanggal 13, 14 dan 19 Februari pembahasan topik ini mencapai ribuan unggahan.

Gambar 4. Intensitas unggahan perbincangan

Secara umum warganet X dominan memuji film ini. Mereka merasa terhibur setelah menyaksikan ‘Agak Laen’. Seperti dapat diamati pada jajaran kata populer di bawah ini. Kata lucu, menghibur, bagus, keren, dan seneng muncul cukup menonjol. Kesan tersebut seperti diungkapkan oleh Cak Imin dalam akunnya @cakimiNOW. Cak Imin menonton film ini bersama keluarga serta teman-teman putrinya. Unggahannya tersebut sekaligus menjadi yang terpopuler selama periode pemantauan dengan perolehan 1,3 ribu komentar 19,7 ribu likes dan 2,1 ribu repost. Ungkapan serupa juga terlihat dituliskan @andinitrn yang juga menonton beramai-ramai bersama rekan kerjanya.

Gambar 5. Jajaran kata populer
Gambar 6. Sampel unggahan kata ‘lucu’

Komedi dari film Agak Laen sepertinya mengena di selera khalayak umum. Tampak kata ketawa juga mendominasi perbincangan warganet. Hal tersebut seperti yang dituliskan akun @triplends yang mengaku tertawa hingga lelah. Sedangkan akun @maxchwang2 yang tak terbiasa menonton film bergenre komedi juga ikut ketawa hingga terbahak-bahak. Hal serupa dituliskan akun @seokchrysant.

Animo penonton yang tinggi membuat film Agak Laen saat ini menjadi film Indonesia terlaris ke-6 sepanjang masa. Hal ini ditunjukan dari kata rame dan terlaris yang masuk dalam jajaran kata paling sering digunakan warganet. Seperti yang diunggah @eilooneyace bahwa akibat banyaknya yang membicarakan film ini ia menjadi tergerak untuk ikut menonton. Sementara itu @HabisNontonFilm memaparkan bahwa film ini meraih peringkat ke-6 film Indonesia terlaris, menggeser posisi DILAN 1991 yang rilis 2019 dengan perolehan penonton sebanyak 5.253.411 orang.

Gambar 8. Sampel unggahan kata ‘rame’
Gambar 9. Sampel unggahan kata ‘terlaris’

Selain itu kata podcast juga terlihat mendominasi. Tersebab film ini hadir dari siniar (podcast) komedi yang telah mereka mulai sejak tahun 2021 di kanal YouTube. Warganet menceritakan pengalamannya rutin mendengar siniar Agak Laen sehingga ingin menonton filmnya. Begitu pula sebaliknya, ada penonton film yang kemudian penasaran untuk mendengarkan versi podcast. Hal ini seperti ysng dituliskan akun  @AbigailNatalini dan @gadispartay.

Kemudian kata imin, ganjar hingga anies para calon presiden dan wakil presiden ternyata juga termasuk yang sering dibicarakan warganet. Hal ini terkait dengan kegiatan yang dilakukan mereka selama masa tenang pemilu. Tak hanya Cak Imin yang menonton film ini seperti yang sudah disebutkan di atas, Ganjar ternyata juga menyaksikan film ini. Seperti yang ia unggah di akun resminya @ganjarpranowo. Ganjar memuji film produksi Ernest Prakasa ini membuat jantung tratapan dan bikin mulut pegal.

Candaan Agak Laen Berbuah Kritik

Tak sepenuhnya mendapat pujian, ada pula warganet yang kurang setuju terhadap jokes alias candaan yang muncul dalam film terutama yang menyasar disabilitas bisu yang diperankan oleh Sadana Agung. Keprihatinan itu seperti yang dituliskan akun @yozariam, @clonazepump, dan @Svastiko. Tak hanya itu akun @adephsuketi merasa sedih karena tontonan ini masih menyajikan hal yang misoginis atau kebencian terhadap wanita secara ekstrim. 

Meski begitu, kritik atas film Agak Laen terhitung tidak memiliki dampak yang besar di linimasa Twitter. Pasalnya arus utama perbincangan tetap dikuasai ujaran yang bersifat mengapresiasi film tersebut. Hal ini dapat disimak salah satunya melalui unggahan dari akun yang meraup impresi terbanyak.

Akun yang paling berpengaruh dalam memperbincangkan film ‘Agak Laen’ jatuh pada @cakimiNOW dengan 30,1 ribu reaksi, disusul @HabisNontonFIlm 26,1 ribu reaksi dan posisi ketiga terpaut jauh jumlah impresi yakni  @nnauraayu yang memperoleh 3 ribu reaksi dari warganet.

Gambar 13. Jajaran akun populer

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: