HomeCurrent ReportSama-sama Membahas Rasa Duka; 172 Days Ramai di TikTok, Jesedef Banyak Dibahas...

Sama-sama Membahas Rasa Duka; 172 Days Ramai di TikTok, Jesedef Banyak Dibahas di X

Published on

Duka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai susah hati; sedih hati. Duka seringkali digunakan untuk mengungkapkan perasaan ditinggalkan orang yang dikasihi ke dunia yang berbeda. Tema ini lah yang diangkat oleh dua film Indonesia yang tanggal rilisnya hanya berjarak satu minggu pada akhir November lalu. Film pertama berjudul 172 Days dan kedua adalah Jatuh Cinta Seperti di Film-film.

Gambar 1. Poster Film Jatuh Cinta Seperti di Film-film
Gambar 2. Poster Film 127 Days

Film 172 Days yang resmi rilis pada 23 November lalu kisahnya diadaptasi dari novel yang berjudul sama karya Nadzira Shafa. Film ini menceritakan perjalanan cinta antara Nadzira dan Ameer Adzikra, putra ustad kenamanaan Arifin Ilham. Kisah cinta mereka singkat hanya berjalan selama 6 bulan, karena Ameer meninggal dunia pada 29 November 2021. 

Tak hanya menyoroti kisah cinta mereka film ini juga menampilkan perjalanan Nadzira Shafa berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik hingga akhirnya bertemu dengan Ameer. Sedangkan film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film atau yang kerap disingkat Jesedef, hadir di layar lebar pada 30 November lalu.

Film yang bergenre komedi romantis ini mengisahkan soal Bagus yang diperankan Ringgo Agus Rahman seorang penulis naskah film yang berkesempatan untuk menulis kisahnya sendiri. Bagus menuliskan cerita cintanya sendiri bertemu kembali dengan teman SMA-nya bernama Hana. Namun, Hana masih dalam fase berduka karena belum lama suaminya meninggal dunia.

Karena memiliki tema serupa dan dan tanggal rilis yang hampir bersamaan, Netray ingin membandingkan bagaimana tanggapan warganet X dan TikTok terhadap kedua film ini. Dengan menggunakan kata kunci 172 days, jatuh cinta seperti di film film dan jatuh cinta seperti di film-film  selama 1 – 7 Desember 2023 ditemukan bahwa perbincangan Jatuh Cinta di Film-film lebih banyak dibicarakan daripada 172 Days. Terpantau kurang lebih 4,9 ribu unggahan dari 2,1 ribu akun membahas film ini bahkan impresi warganet berupa likes komentar dan repost mencapai angka 9,3 juta reaksi.

Di jagad X, perbincangan film Jesedef diwarnai komentar warganet yang menilai akting para pemeran, sinematografi, hingga cerita yang diangkat. Seperti yang diunggah oleh akun pengulas berbagai macam film @goodghan yang mengungkapkan bahwa ada bagian dari film yang hilang. Bagian tersebut ternyata dapat ditemukan dalam video klip soundtrack film tersebut. Pembahasan ini sekaligus menjadi unggahan terpopuler yang meraih 359 komentar 23,2 ribu likes serta 4,7 ribu repost.

Kemudian akun @HabisNontonFilm terlihat menyoroti tokoh yang diperankan Sheila Dara ternyata benar ada di kehidupan nyata. Orang tersebut bernama Aline Jusria seorang editor film Indonesia. Bahkan artis sekaligus jurnalis Marissa Anita melalui akunnya @MarissaAnita memuji film ini bagus di semua aspek. Hal serupa juga tampak diungkapkan artis kenamaan Laura Basuki melalui akunnya @LauraBas seperti pada Gambar.

Gambar 4. Opini warganet film Jesedef
Gambar 5. Opini warganet

Selain itu pujian juga datang dari akun pekerja swasta @ardiwilda memuji bagaimana penggambaran kedukaan dan meninggalnya orang tersayang dengan kadar yang pas. Ia pun menekankan bahwa perasaan berduka tak memiliki batas waktu hanya timbul tenggelam. Ada juga dari @TarizSolis yang menobatkan Jesedef menjadi film komedi romantis terbaik yang pernah ditontonnya tidak hanya gelak tawa namun juga disertai cucuran air mata. 

Gambar 6. Opini warganet

Di balik banjir pujian ada pula segelintir komen negatif yang datang dari warganet, seperti film tidak tayang di beberapa di bioskop atau sudah turun layar seperti yang ditulis oleh akun @anxxieetty @ardngrh dan @chocociki. Ada pula warganet yang menilai tim promosi film dinilai kurang seperti diungkapkan akun @RyanPapih pada Gambar di bawah ini.

Sedangkan film 172 Days tak begitu banyak menarik komentar dari warganet X. Terpantau 134 unggahan dari 40 akun memperbincangkan film religi romantis ini. Impresi warganet atas unggahan yang ada hanya mencapai 288 reaksi. Unggahan warganet X diwarnai pujian bahwa film ini membuat penonton terharu, hingga kisah cinta keduanya yang menyentuh hati. Komentar tersebut seperti yang diunggah @fluppyluppy dan @rkry___

Gambar 8. Statistik unggahan X film 172 Days
Gambar 9. Opini warganet film 172 Days

Tak luput pula para pemeran mendapat pujian dari warganet seperti dari akun @HikmahnuruuL95 yang juga mengenal Ameer, memuji akting Bryan Domani. Selain itu ada pula warganet yang merasakan efek setelah menonton 172 Days. Seperti yang dilontarkan akun @DarlingSumesto_ setelah menonton film ini justru ingin menikah layaknya film tersebut.

Gambar 10. Opini warganet

Menariknya akun rumah produksi film @Starvisionplus menyediakan teks bagi teman tuli yang ingin menonton hingga 10 Desember 2023.

Gambar 11. Sampel unggahan akun @Starvisionplus

Pemantauan Film 172 Days dan Jesedef di TikTok

Film Jatuh Cinta Seperti di Film-film unggul secara impresi di kanal X. Lantas bagaimana performa kedua film ini di media sosial yang digandrungi Generasi-Z? Hasilnya ternyata sebaliknya, film 172 Days memperoleh lebih banyak atensi ketimbang Jesedef. Terlihat 172 Days diunggah dalam 83 video yang telah diputar 4,1 juta kali oleh warganet TikTok. Impresinya mampu mencapai 288,3 ribu reaksi. Sedangkan Jatuh Cinta di Film-film terpantau diunggah dalam 57 video TikTok yang telah diputar sebanyak 874,6 ribu kali dengan impresi 100,2 ribu reaksi. 

Meski kalah impresi, video terpopuler justru terlihat membahas film Jatuh Cinta seperti di Film-film. Unggahan dari akun @xalzyn tampak memaknai cerita yang disampaikan bahwa dalam percintaan orang yang telah lama mengenal akan menjadi pemenang yang tetap bersama. Video yang diunggah pada 6 Desemberber 2023 ini mendapat impresi masif dari warganet berupa 67.8 ribu likes.

Gambar 13. Unggahan terpopuler Tiktok film Jesedef

Sedangkan di urutan-urutan berikutnya warganet terlihat mengunggah video terkait film 172 Days. Pada urutan kedua video populer salah satu pemain film, Yoriko Angeline @yorikoo23 mengunggah video joget bersama Nadzira dan pemain lainya. Video yang diunggah pada 1 Desember juga mengumumkan bahwa film religi romantis ini telah mencapai kurang lebih 1,5 juta penonton. Kemudian video selanjutnya datang dari pendakwah sekaligus artis Oki Setianadewi, @okisetianadewi13 yang terharu setelah selesai menonton film ini.

Gambar 14. Sampel unggahan populer film 172 Days

Selain dari para pemainnya, akun rumah produksi film ini Star Vision @starvisionofficial juga sering mengunggah berbagai video mulai dari cuplikan film, suasana, hingga testimoni penonton setelah menontonnya di bioskop. Hal ini membuat akun @starvisionofficial menjadi akun paling populer selama periode pemantauan dengan perolehan impresi sebesar 124,6 ribu reaksi dari 17 video yang terunggah.

Gambar 15. Sampel unggahan TikTok @starvisionofficial
Gambar 17. Jajaran akun populer berdasarkan impresi dan tagar

Film 172 Days juga merajai tagar yang sering digunakan. Terlihat #172days berada di urutan teratas digunakan dalam 69 unggahan. Baru di urutan kedua terhadap tagar #jatuhcintadifilmfilm yang digunakan dalam 44 video. Selanjutnya tagar 172 days cukup mendominasi tampak #briandomani #yasminrapper dan #172days masuk dalam tagar populer.

Film Jesedef sendiri dari juga memiliki akun rumah produksi @imajinari.id yang terpantau membuat unggahan sebanyak 4 video selama periode pemantauan. Hanya saja impresi atas video-video tersebut tak mampu menyentuh angka 100. Videonya berupa cuplikan film yang juga menampilkan jumlah penonton yang berhasil diraih.

Selain itu tim produksi Jesedef juga menyediakan photobooth di beberapa bioskop Jabodetabek selama seminggu pertama pemutaran film. Hal ini tertuang dalam video dari @imajinari.id yang diunggah pada 7 Desember 2023.

Gambar 18. Jajaran akun populer berdasarkan jumlah unggahan
Gambar 19. Sampel unggahan @imajinari.id

Setelah melihat kedua film pada dua sosial media X dan TikTok dapat disimpulkan Jatuh Cinta di Film-film populer dibahas warganet yang mengulasnya di X sedangkan film 172 Days banyak dibahas dan ramai diunggah warganet TikTok. Dari segi penonton 172 Days mampu meraup penonton hingga 2.520.786 orang pada hari ke-15 penayangan atau tanggal 9 Desember 2023. Lalu untuk Jesedef baru mampu memperoleh kurang lebih 300 ribuan penonton di hari ke-9 pemutaran atau 8 Desember 2023.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: