BerandaCurrent ReportMenilik Euforia Warganet Berburu Konser di Semester 1 2022

Menilik Euforia Warganet Berburu Konser di Semester 1 2022

Published on

Pada akhir 2021, acara konser sudah diperbolehkan digelar di Indonesia dengan syarat yang lebih longgar dari sebelumnya. Namun, perbincangan terkait kata kunci konser baru memadat pada Juli 2022. Netray kemudian melakukan pemantauan di media sosial Twitter terkait kata kunci “konser” selama 1 Januari- 7 Juli 2022 untuk melihat bagaimana antusiasme masyarakat yang diwakili warganet dalam menyikapi kondisi ini dan seperti apa situasi ‘konser’ di Indonesia saat ini?

Seperti diketahui, pertunjukan musik telah senyap terdengar selama kurang lebih 2 tahun belakangan karena pandemi Covid-19. Atau jika diperbolehkan maka akan ada syarat yang sangat ketat yang diberlakukan. Maka, ketika kini sudah dilonggarkan, tak hanya musisi yang kembali aktif mengisi tour, masyarakat pun berbondong-bondong memburu tiket untuk kembali merasakan euforia konser. Hal ini terlihat dari kata “nonton” dan “tiket” yang banyak muncul dalam perbincangan.

Gambar 1. Top Word Topik Konser

Selain itu, dalam jajaran Top Words di atas nama idol Kpop seperti taehyung, jaemin, dan teume menjadi topik yang banyak diulas warganet. Selama periode pemantauan sejak awal tahun 2022 warganet antusias menyambut tour concert idol group Korea. Selain memperbincangkan terkait artis Kpop, warganet juga membahas tiket. Biaya beberapa konser yang akan segera rilis tahun ini dianggap cukup mahal.

Gambar 2. Tiket konser mahal

Perbincangan tentang konser dan tiket yang dianggap mahal pun tidak menyurutkan euforia warganet. Apabila dilihat dari rentang periode pemantauan yakni dari Januari hingga Juli 2022, puncak perbincangan terjadi pada bulan Juli.

Statistik Perbincangan Topik “Konser”di Twitter

Selama periode pemantauan pada 1 Januari sampai 7 Juli 2022 perbincangan warganet seputar konser menggema dalam 59,1 ribu twit. Antusiasme warganet terlihat dari jumlah impresi ketika membahas konser yang mencapai 21,3 juta kali. Sementara itu, perolehan opini bersentimen negatif lebih banyak daripada opini dengan sentimen positif. Opini bersentimen negatif ini paling banyak diperoleh di bulan Juli 2022.

Gambar 3. Statistik perbincangan topik konser
Gambar 4. Grafik sentimen topik konser

Apabila dilihat dari grafik di bawah, sejak awal bulan Januari 2022 perbincangan konser tidak begitu ramai. Perbincangan terlihat memadat dan merangkak naik pada bulan Juli 2022 hingga mencapai 7-10 ribu twit pada 4 hingga 7 Juli 2022. Sementara sisanya hanya berada di bawah seribu perbincangan.

Topik Konser Padat Merayap di Semester 1 2022

Netray melakukan pemantuan dari Januari hingga Juni 2022. Hasil yang didapatkan, perbincangan warganet terlihat cukup variatif. Perbincangan tentang harga tiket pun masih terus mengudara meski lebih banyak didominasi oleh member-member anggota dari masing-masing idol group Korea Selatan.

Gambar 5. Peak Time Topik Konser Januari-Juni 2022

Perbincangan mulai ramai di bulan Februari terkait kericuhan yang terjadi pada Konser Tri Suaka yang dikabarkan tidak memiliki izin. Kemudian di bulan Maret warganet ramai memperebutkan tiket konser Justin Bieber. Lalu di bulan April warganet antusias menyambut kembalinya idol group Korea BTS dalam evet tour konser keliling dunia. Bulan Mei perbincangan warganet juga diramaikan dengan fans idol group Korea Selatan NCT dan Red Velvet yang tampil di Indonesia dalam acara perilisan Allo Bank. Sedangkan bulan Juni warganet ramai membahas rencana konsernya idol group Korea Selatan TXT (Tomorrow X Together) di Indonesia.

Perbincangan selama 6 bulan sejak awal Januari hingga Juni 2022 tersebut jumlah perolehan twitnya tertutup dengan topik pembahasan pada bulan Juli. Pasalnya pada bulan Juli, warganet ramai membahas reschedulle konser salah satu idol group Korea Selatan, yakni The Boyz. Warganet mengeluhkan rasa kecewanya karena pembatalan konser tersebut lantaran PPKM kembali diberlakukan.

Gambar 6. Sampel Twit Topik Konser 5 Juli 2022

Sementara itu, opini bernada positif diisi oleh antusiasme warganet dalam menunggu penampilan para idolanya. Selain rasa antusias dan tidak sabar untuk merasakan kembali euforia konser musik, warganet juga mengungkapkan keinginannya untuk mengumpulkan uang banyak supaya dapat menonton idol grup Korea Selatan seperti Blackpink, BTS dan NCT. 

Berikut beberapa poster konser yang paling banyak menarik interaksi warganet Twitter. Dari 6 gambar yang diunggah oleh warganet (Gambar 8), 3 di antaranya merupakan poster konser dari grup idol Korea Selatan. Satu poster tertera acara konser dari musisi dalam negeri yakni Tulus dkk. Lalu terdapat pula poster konser tour dari grup idol dalam negeri yakni JKT48 yang kemarin mulai terlaksana di Solo, Jawa Tengah. Tidak tertinggal euforia konser Justin Bieber yang rencananya akan diselenggarakan di Stadion Madya, Gelora Bung Karno Jakarta pada sekitaran 3 November 2022.

Gambar 8. Populer Media Konser

Dalam unggahan tersebut warganet menuliskan terkait promosi tiket Justin Bieber yang siap diperebutkan oleh para beliebers Indonesia. Wah ternyata tahun 2022, konser musik banyak sekali ya. Siapkan dan atur jadwal kalian untuk menonton grup idol, penyanyi maupun grup band favorit kalian. Demikian analisis Netray, simak artikel ringan dan analisis mendalam lainnya dalam analysis.netray.id.  

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Solidaritas Warganet Bela Pegawai Alfamart

Tiga hari sebelum perayaan kemeredekaan Indonesia (14/8) warganet dihebohkan dengan video seorang ibu mengendarai...

Isu Pelecehan di Lingkungan Kerja, Warganet Serang Kawan Lama Group

Belum lama ini topik pelecehan seksual kembali menjadi perbincangan warganet. Dugaan pelecehan seksual ini...

Tarif Ojol Dikabarkan Naik, Warganet: Semua Naik Kecuali Gaji

Kabar kenaikan tarif ojol tengah ramai menjadi perbincangan, baik di media sosial maupun di...
%d blogger menyukai ini: