BerandaCurrent ReportErick Thohir Dominasi Pemberitaan & Perbincangan di Twitter Soal Bursa Ketum PSSI

Erick Thohir Dominasi Pemberitaan & Perbincangan di Twitter Soal Bursa Ketum PSSI

Published on

Pendaftaran bakal calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Ketum PSSI) telah berakhir pada 16 Januari 2023 pukul 18.00. Di antara beberapa nama yang masuk dalam bursa calon Ketum PSSI nama Erick Thohir paling santer muncul dalam perbincangan di Twitter dan pemberitaan media massa online.

Nama Erick Thohir paling santer muncul di antara empat calon lain seperti La Nyalla Mattalitti Ketua DPD RI, Arif Putra Wicaksono CEO) Nine Sport Inc, Doni Setiabudi CEO Bandung Premier League, dan Fary Djemi Francis Komisaris Utama PT Asabri.

Dari deretan nama itu, La Nyalla adalah orang pertama yang mendaftar langsung ke Kantor PSSI di Gelora Bung Karno (GBK) Arena pada Jumat 13 Januari 2023. Dua hari kemudian Erick Thohir pun juga mendatangi langsung Kantor PSSI guna mendaftar sebagai bakal calon ketum. Kedua tokoh yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia sepak bola ini menjadi sorotan warganet dan pemberitaan media online.

Mengutip kompas.com proses pemilihan ini sendiri masih panjang. Setelah ini ada proses verifikasi dari Komite Pemilihan (KP) pada 19-21 Januari 2023 yang hasilnya akan diumumkan pada 31 Januari 2023. Jika belum lolos verifikasi para bakal calon dapat mengajukan banding pada 1-3 Februari 2023. Pengumuman final calon petinggi PSSI akan diumumkan pada 6 Februari 2023 untuk kemudian bisa mengikuti Kongres Luar Biasa PSSI.

Netray ingin melihat sejauh mana reaksi warganet mengenai para bakal calon ketum PSSI ini. Dengan menggunakan kata kunci calon ketua umum && pssi serta calon ketum && pssi sepanjang 13-17 Januari 2023 ditemukan 9.167 twit dari 4.862 akun memperbincangkan topik ini. Dari kata kunci diperoleh 8,3 juta impresi yang menjangkau hingga kurang lebih 135,2 juta akun.

Gambbar 2. Jajaran Top Words
Gambar 3. Sampel Twit Kata Erick Thohir

Selama periode pemantauan perbincangan didominasi oleh nama Erick Thohir seperti yang tampak pada gambar 2 top words, kata erick thohir menjadi kata yang paling banyak disebut selain pssi, calon, dan ketua. Twit soal Erick Thohir didominasi oleh Erick yang mendaftar langsung ke GBK sebagai bakal calon ketum PSSI seperti yang terlihat pada Gambar 3.

Gambar 4. Sampel Twit tagar #bangkitbersamaet
Gambar 5. Opini Warganet

Selain itu tagar #bangkitbersamaet juga muncul cukup banyak. Tagar ini terkait dukungan dan pujian untuk Erick Thohir yang maju menjadi bakal calon ketum. Erick bahkan diantar Raffi Ahmad hingga Atta Halilintar yang juga pemilik klub sepak bola. Di sisi lain ternyata ia juga mendapat kritik dari Rocky Gerung namun justru warganet lebih membela sang Menteri BUMN ini, seperti pada contoh cuitan Gambar 5.

Gambar 6. Sampel Twit @Box2BoxBola
Gambar 7. Sampel Twit @GOAL_ID
Gambar 8. Sampel Twit @medioclub

Nama La Nyalla juga masuk jajaran meski tak sebanyak Erick. Hal ini terkait ia jadi pendaftar pertama seperti yang tampak pada akun @Box2BoxBola dan @goalID. Namun ia juga banyak mendapat nyiyiran dari warganet, salah satunya dari akun @medioclubID.

 Gambar 9. Sentimen Perbincangan Twitter
Gambar 10. Sampel Twit @idextratime
Gambar 11. Sampel Twit @garagarabola_

Sentimen positif mendominasi perbincangan topik. Top twit sentimen positif diwarnai oleh akun @idextratime yang menampilkan berita soal Ratu Tisha dan Erick Thohir menjadi calon Ketum PSSI. Meski kemudian akun ini meralat bahwa Ratu Tisha mendaftar sebagai calon waketum bukan calon ketum. Ratu Tisha yang pernah menjadi Sekjen PSSI ini juga diperkirakan akan dipasangkan dengan Erick Thohir, turut mewarnai jajaran twit positif seperti yang dituliskan akun @garagarabola_.

Gambar 12. Opini Warganet
Gambar 13. Opini Warganet

Sedangkan twit dengan sentimen negatif, warganet banyak mengkritik soal La Nyalla, yang pernah korupsi dan rangkap jabatan. Seperti yang dicuitkan oleh @gipxygip dan @leoalphamale. Adapula warganet yang megkritik secara lebih umum, ia menginginkan agar pengurus PSSI tidak diisi orang-orang lama yang sudah pernah menjabat agar bisa membenahi tata kelola PSSI, sperti yang dicuitkan @blueboulevardd.

Pemberitaan Soal Calon Ketum PSSI

Gambar 14. Statistik Pemberitaan Media Daring Isu Calon Ketum PSSI

Isu calon ketua umum PSSI tak hanya ramai di Twitter, media pemberitaan daring juga banyak menerbitkan berita terkait topik ini. Dengan menggunakan kata kunci dan periode yang sama terlihat 1.179 berita dari 124 media membahas topik ini. Banyaknya media yang mengangkat isu ini  menandakan bahwa kepemimpinan PSSI menjadi ujung tombak bagi dunia persepakbolaan Indonesia.

Gambar 15. Jajaran Top Persons
Gambar 16. Sampel Berita Liputan6
Gambar 17. Sampel Berita Antara

Dari kelima bakal calon ketum, Erick Thohir dalam pemberitaan menjadi tokoh yang paling banyak muncul. Nama Erick muncul dalam 896 berita atau 75 persen dari total berita selama periode pemantauan. Pemberitaan Erick sangat beragam dari mulai soal mendaftar menjadi ketum hingga tak melanggar aturan karena ia seorang menteri seperti yang tertulis pada portal Antara dan Liputan6.

Gambar 18. Sampel Berita Detik

Erick juga mendapat banyak dukungan seperti Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga Kaesang Pangarep. Bahkan ia juga mengklaim telah mendapat dukungan dari 60 voters. Voters tersebut diantaranya dari Persib Bandung dan Persebaya Surabaya, PSIM Yogyakarta, Persekat Tegal, Sriwijaya FC, serta berbagai voters dari Asosiasi Provinsi. Hal ini seperti yang diberitakan oleh Detik.

Gambar 19. Sampel Berita Tribun News
Gambar 20. Sampel Berita Gatra

Kemudian calon ketum yang banyak diberitakan lainnya yakni La Nyalla Mattalitti. Ia disebut dalam 320 berita. La Nyalla sebelumnya pernah menjadi Ketum PSSI tahun 2015 – 2016 merasa punya utang yang belum diselesaikan sehingga berani kembali mencalonkan diri. Ia bahkan juga berjanji untuk memberantas mafia sepak bola di Indonesia. Seperti yang tampak dituliskan Tribunnews dan Gatra.

Gambar 21. Sampel Berita Okezone

Meski tak mendapat dukungan sebanyak Erick, La Nyalla mengaku telah mendapat dukungan dari 2 voters. Dukungan tersebut berasal dari Persela Lamongan dan Asprov PSSI Jatim. Ia sangat optimisme untuk naik mejadi Ketum PSSI, dang menyerahkannya kepada yang Maha Kuasa. Seperti yang dituliskan oleh Okezone.

Gambar 22. Sampel Berita Tribun News
Gambar 23. Sampel Berita Tempo

Nama lainnya yang banyak muncul dalam pemberitaan yaitu Doni Setiabudi. Doni muncul dalam 182 berita. Ia mendaftar pada hari terakhir periode pendaftaran (16/1) pukul 12.00. Tak hanya satu, ia mencalonkan diri dalam tiga posisi yaitu calon ketua umum, wakil calon ketua umum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Hal ini tampak diterbitkan oleh Tempo dan Tribun News.

Gambar 24. Sampel Berita Kumparan

Doni berjanji jika terpilih sebagai ketum ia akan memisahkan operator Liga 1 dan Liga 2. Mengingat sekarang operator kedua Liga tersebut adalah PT LIB. Hal ini diperparah dengan kondisi keuangan PT LIB yang seret, di samping itu klub-klub juga tak memiliki uang untuk meneruskan kompetisi. Hal ini dituliskan oleh Kumparan.

Gambar 25. Jajaran Top Portal

Selama periode pemantauan banyak media yang meliput berita topik ini. Portal teratas terdapat Suara dengan 82 berita, Tribun News sebanyak 69 berita dan CNN Indonesia sejumlah 48 berita.

PSSI yang penuh dengan pasang surutnya dari tahun ketahun membutuhkan kebaruan dalam kepemimpinnanya. Warganet pun bahkan menginginkan agar jajaran pengurus tak diisi orang-orang lama yang pernah menjabat. Pemimpin baru pun sangat dinanti oleh publik untuk menyehatkan PSSI serta membuat inovasi agar dunia sepakbola Indonesia lebih maju.

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Menyelisik Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI, Status Tersangka dan Langkah Polisi Mencari Fakta

Perkembangan kasus tabrak lari yang menewaskan seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Athalla...

Sedih JD.ID Tutup, Warganet Bagikan Pengalaman Berbelanjanya

Situs belanja online JD.ID resmi mengumumkan akan berhenti beroperasi per 31 Maret 2023. Anak...

Produk Skincare dengan Retinol dalam Perbincangan Warganet

Retinol bahan aktif vitamin A belakangan menjadi salah satu kandungan skincare yang populer. Dikenal...
%d blogger menyukai ini: