HomeHiburanEksistensi Sheila on 7 di Jagat Sosmed, Jadi Bintang Tamu Vindes dan...

Eksistensi Sheila on 7 di Jagat Sosmed, Jadi Bintang Tamu Vindes dan Main Voli

Published on

Grup musik legendaris Sheila on 7 memang tak ada matinya. Meskipun sudah lama tidak menelurkan karya dalam bentuk album, terakhir Duta dkk merilis album pada tahun 2014 dan single pada tahun 2018 silam, eksistensi band ini di media sosial masih terasa sangat terasa. Setiap aktivitas band maupun masing-masing personil selalu menjadi sorotan publik.

Sebagai media sosial dengan jumlah pengguna yang tinggi di dalam negeri, Twitter dan TikTok bisa menjadi rujukan untuk memantau eksistensi Sheila on 7. Pemantauan dilakukan selama periode 3 – 9 Agustus 2023. Kata kunci yang digunakan dalam pemantauan ini adalah sheila on 7 dan sheilaon7. Simak bagaimana band asal Yogyakarta ini masih meramaikan perbincangan warganet.

Sorotan Perbincangan Sheila on 7 dari Warganet Twitter, Duta Main Voli

Hasil pemantauan topik Sheila on 7 menghasilkan setidaknya 1.104 twit selama sepekan pemantauan. Twit dengan kata kunci tidak pernah absen barang sehari meski intensitas unggahan terpantau sangat fluktuatif. Celah antara hari dengan intensitas paling rendah dengan hari dengan intensitas tertinggi tampak sangat lebar.

Gambar 1. Intensitas unggahan warganet Twitter

Tanggal 3 Agustus menjadi hari dengan intensitas paling rendah yakni hanya ditemukan 35 unggahan saja. Sedangkan jumlah twit yang diunggah pada hari dengan intensitas tertinggi adalah sebanyak 391 unggahan. Perbedaan intensitas di dua hari ini adalah 356 unggahan twit atau sekitar 91,05%.

Indikator eksistensi selanjutnya dapat dilihat dari tingkat impresi yang merepresentasi volume perbincangan warganet. Selama sepekan pemantauan, total impresi mencapai 2,9 juta respons dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Level impresi tersebut membuat perbincangan dengan topik Sheila on 7 secara potensial dapat menjangkau 55,4 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Gambar 2. Total impresi dan jangkauan pengguna topik Sheila on 7

Secara garis besar impresi warganet terindeks memiliki sentimen positif. Yakni sebanyak 449 twit merupakan twit bersentimen positif telah diunggah warganet selama sepekan. Netray hanya menemukan 83 twit dengan sentimen negatif. Sedangkan sisanya adalah twit dengan sentimen netral.

Gambar 3. Tren sentimen unggahan warganet

Dominasi sentimen positif sebagian besar disumbang oleh twit dari akun yang memperoleh impresi terbanyak dari warganet. Menempati posisi pertama adalah akun @putpuwi dengan total impresi sebanyak 11.348 kali. Salah satu unggahan dari akun ini adalah foto pemilik akun bersama personil Sheila on 7.

Gambar 4. Akun yang meraup impresi tertinggi
Gambar 5. Twit @putpuwi yang meraup impresi tertinggi
Gambar 6. Unggahan akun @putpuwi

Posisi kedua terdapat akun program reality show di Youtube milik selebritis Vincent dan Desta. Acara bertajuk Vincent Desta Tour 2023 tersebut diselenggarakan di Yogyakarta dan mengundang Sheila on 7 sebagai bintang tamu. Akun @vindestwitt berhasil mengumpulkan total impresi sebesar 2.231 kali.

Gambar 7. Twit dari akun @vindestwitt
Gambar 8. Unggahan yang dilampirkan akun @vindestwitt

Akun @snezhinka29_ menempati perolehan impresi terbanyak ketiga dengan total 1.544 respons warganet. Berbeda dengan dua akun sebelumnya. Twit dari akun ini memberi sentimen netral pada perbincangan. Unggahannya memberi komentar terhadap artis lain dengan menjadikan Sheila on 7 sebagai pembanding.

Gambar 9. Twit dari akun @snezhinka29_
Gamba 10. Unggahan dari twit @snezhinka29_

Perbincangan terkait Sheila on 7 di media sosial Twitter tidak hanya berkutat di akun-akun yang memperoleh impresi terbanyak. Melalui grafik Top Words, Netray menemukan beberapa topik perbincangan warganet. Salah satunya adalah kata voli, lomba, dan warga.

Gambar 11. Kata yang kerap muncul dalam perbincangan

Usut punya usut, sang vokalis Duta mengikuti lomba bola voli yang diselenggarakan warga di dekat tempat tinggalnya untuk merayakan hari kemerdekaan. Sejumlah akun membagikan video Duta bermain voli bersama warga seperti unggahan dari akun media @narasitv.

Gambar 12. Twit dari akun @narasitv
Gambar 13. Unggahan dari akun @narasitv

Pemantauan Sheila on 7 di Kanal TikTok

Eksistensi Sheila on 7 di aplikasi TikTok sayangnya tak semeriah di kanal Twitter. Di aplikasi yang identik dengan gen z ini kata kunci sheila on 7 dan sheilaon7 hanya muncul pada tanggal 8 dan 9 Agustus 2023 dari sepekan periode pemantauan. Dengan intensitas tertinggi terjadi pada tanggal 9 Agustus.

Gambar 14. Intensitas unggahan di kanal TikTok

Netray hanya menemukan 76 unggahan TikTok di dua hari tersebut. Total pemutaran video sendiri mencapai 560,7 ribu kali dan menghasilkan impresi sebanyak 20,4 ribu kali. Unggahan-unggahan warganet TikTok mendapat likes sebanyak 19,9 ribu kali, 230 kali komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 281 kali.

Gambar 15. Statistik pemantauan kanal TikTok

Topik tur Vincent Desta di Yogyakarta menjadi sorotan utama warganet TikTok. Kata vindes, vindestour2023, dan yogyakartaistimewa menjadi kata yang paling sering digunakan warganet untuk mengisi caption unggahan mereka. Vincent dan Desta yang juga berlatar belakang musisi, sempat manggung bareng Sheila on 7 guna menghibur penggemar mereka.

sheila on 7
Gambar 16. Kata yang kerap muncul dalam caption kanal TikTok

Dua unggahan terpopuler, yakni dari akun @den_antok dan @ndut_507 memang membahas acara tersebut. Akan tetapi topik video di unggahan terpopuler ketiga ternyata membahas kabar ketika Sheila on 7 bersedia menjadi band pengganti di sebuah acara festival ketika band bintang tamu gagal dari luar negeri tampil di Indonesia. Aksi dan sikap rendah diri Sheila on 7 tersebut mendapat dukungan dari publik Indonesia.

Gambar 17. Unggahan terpopuler

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: