HomeCurrent ReportReaksi Warganet TikTok atas Debat Capres Kedua: Ungkap Kesedihan hingga Adu Mekanik

Reaksi Warganet TikTok atas Debat Capres Kedua: Ungkap Kesedihan hingga Adu Mekanik

Published on

Debat ketiga Pemilu 2024 yang diikuti ketiga capres telah dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Istora Senayan. Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto memperdebatkan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Suasana debat kali ini dirasa lebih panas dibandingkan debat pertama. Terutama saat Prabowo sebagai Menteri Pertahanan periode 2019 – 2024 seolah sedang diuji kinerjanya dalam lima tahun terakhir.

Netray ingin mencoba menangkap opini warganet terhadap momentum debat capres kedua ini melalui sosial media TikTok yang sebagian besar penggunannya anak muda. Dengan menggunakan kata kunci capres&&debat selama periode 7-9 Januari 2024 warganet TikTok ternyata sangat antusias menanggapi jalannya acara ini. Terbukti muncul 539 video TikTok dari 391 akun membahas acara ini.

Gambar 1. Statistik unggahan video TikTok topik debat capres kedua

Warganet TikTok yang akunnya tak ber-niche politik pun turut meramaikan reaksi atas adu gagasan ketiga capres tersebut. Seperti tampak dari akun @Janes_cs🇮🇩 yang biasanya mengunggah video seputar kecantikan ini pun turut berkomentar. Ia mengungkapkan bahwa jika ingin melihat karakter seseorang berilah ia kekuasaan. Namun ia terheran-heran ketika debat capres yang hanya seklumit ternyata mampu membuka karakter seseorang.

Hal ini merujuk kepada Anies yang selama debat terus menerus menyerang capres lainnya. Unggahan ibu paruh baya ini bahkan menjadi terpopuler selama periode pemantauan hingga mampu meraih  405,1 ribu likes, 15,7 ribu komentar, serta dibagikan ulang sebanyak 6,2 ribu kali.

Gambar 2. Opini @janes_cs

Selain itu ada pula akun Alli Hamza @allinezad konten kreator dengan konten informasi dan edukasi yang akhir-akhir ini sering membahas perang Palestina – Israel juga turut bereaksi. Ali menganggap debat kali ini terlalu personal. Hal ini merujuk pada Anies yang mengkritik Prabowo akan kurangnya sistem pertahanan siber.

Ali juga kemudian membalikan pertanyaan apakah Anies juga telah berhasil membangun Jakarta menjadi lebih baik saat jadi Gubernur selama 5 tahun. Dengan banyaknya masalah yang belum terselesaikan seperti banjir serta rumah DP 0 rupiah. Ali juga mengatai Anies tak paham isu pertahanan karena meminta Prabowo data pertahanan dibuka di depan publik. Unggahan ini berhasil mendapat 138,4 ribu likes, 24,8 ribu komentar dan dibagikan ulang sebanyak 2,9 ribu kali.

Gambar 3. Opini @allinezad

Kemudian ada pula akun @husenh03 yang justru merasa sedih setelah debat capres kedua ini. Lantaran Prabowo yang terus diserang Anies dan Ganjar. Dibalik kesedihannya ia justru menyuruh Prabowo untuk berhenti nyapres karena sudah lanjut usia setelah selalu gagal menjadi capres atau pun cawapres pada kontestasi sebelumnya. Konten ini berhasil menarik perhatian warganet berupa 57,4 ribu likes, 6 ribu komentar serta dibagikan ulang sebanyak 1,7 ribu kali.

Gambar 4. Opini @husenh03

Lalu @putra.ajisujati yang biasa membahas isu sosial turut mengomentari ketiga cawapres ini. Baginya debat kali ini terasa seperti adu mekanik alias siapa yang paling kuat serta memancing emosi. Putra menilai Anies paling banyak menyindir Prabowo dibanding Ganjar seperti soal anggaran pertahanan yang besar, kepemilikan tanah, hingga cyber security. Tak hanya mengkritik Putra juga memaparkan kesetujuannya akan visi misi dari ketiga capres.

Gambar 5. Opini @putra.ajisujati

Sedangkan akun @heri_horeh justru mengomentari debat dengan gaya komedi sambil menertawakan. Menurutnya debat capres kali ini malah membuat semakin tahu untuk tidak memilih figur yang mana. Heri menilai debat kali ini Anies yang biasanya tenang terlihat sangat semrawut karena egonya sendiri.

Ganjar dinilainya paling bagus penyampaiannya kali ini dengan serangan yang rapi namun masih kalah di hati rakyat. Sedangkan Prabowo hanya seperti merangkum pelajaran PPKN dan hanya mengandalkan kalimat “pertahanan negara tidak boleh dibuka”. Unggahan ini memperoleh reaksi warganet cukup banyak berupa 45 ribu likes, 3,2 ribu komentar dan dibagikan ulang sebanyak Seribu kali.

Statistik Pemantauan Debat Capres Kedua di Kanal TikTok

Pada debat kedua ini ternyata tagar capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapat penyebutan paling banyak. Tagar seperti #prabowo dan #prabowosubianto sering digunakan warganet dalam setiap unggahannya, dengan total tagar muncul dalam 191 video TikTok. Sedangkan posisi selanjutnya tagar #aniesbaswedan disebut dalam 104 video TikTok. Sedang tagar #ganjarpranowo memperoleh penyebutan paling sedikit dalam 78 unggahan video TikTok.

Gambar 6. Jajaran tagar populer

Akun yang paling banyak mendapat impresi selama periode pemantauan diraih oleh akun pendukung Prabowo @bentengprabowo. Akun ini mampu menarik perhatian warganet hingga 487.259 reaksi. Akun ini selama periode pemantauan mengunggah tiga video. Unggahan terpopulernya menampilkan komentar Najwa Shihab dalam acara catatan Najwa bahwa Anies kali ini lebih menyerang Prabowo berkali-kali, tinimbang menyerang Ganjar yang hanya dilakukannya sekali.

Gambar 7. Jajaran pengguna populer
Gambar 8. Sampel unggahan @bentengprabowo

Sedang di posisi kedua, akun Janes_cs🇮🇩 mampu meraih 426.971 reaksi dari warganet meski unggahannya hanya satu. Sedangkan di posisi ketiga akun berita @kompastvnews yang mengunggah 12 video memperoleh 333.464 reaksi dari warganet.

Gambar 9. Sampel unggahan @kompastvnews

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: