HomeCurrent ReportCawapres Ganjar: Mention Publik atas Mahfud MD dan Sandiaga Uno Tertinggi!

Cawapres Ganjar: Mention Publik atas Mahfud MD dan Sandiaga Uno Tertinggi!

Published on

Teka-teki cawapres Ganjar Pranowo hingga saat ini belum menemukan jawabannya. Pendaftaran capres dan cawapres yang kian dekat semakin membuat publik penasaran siapa sosok wakil yang akan diusung oleh PDI-P dalam bursa Pilpres 2024. Sejumlah nama sempat mencuat di media berita, bahkan lembaga survei pun juga pernah merilis hasil elektabilitas Ganjar jika disandingkan oleh beberapa nama tersebut.

Lantas siapa sosok yang paling santer diunggah media pemberitaan terkait isu ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Netray Media Monitoring turut memantau beberapa kanal media dengan kata kunci cawapres && ganjar. Hasilnya adalah sebagai berikut. 

Dalam periode pemantauan 21-27 September 2023, Netray menemukan 829 artikel yang mencatut kata kunci tersebut. Artikel-artikel ini diunggah oleh 109 media berita daring dalam sepekan pemantauan. Media IDN Times menjadi portal media berita yang paling banyak memuat berita yang menyebut kata kunci, yakni sebanyak 97 artikel. Lalu, di posisi kedua terdapat Kompas yang memiliki selisih sebanyak 36 artikel dari IDN Times. 

Gambar 1. Statistik pemberitaan media
Gambar 2. Jajaran top portal media

Lalu, siapa yang paling santer diberitakan media terkait kata kunci tersebut? Melalui fitur Top Entitas Netray di bawah ini, dapat dilihat deretan nama tokoh yang dicatut media berita dalam mengunggah artikel perihal topik tersebut.

Dari jajaran 5 besar, tokoh yang kerap diberitakan media terkait kata kunci ialah sosok-sosok yang memiliki hubungan secara langsung dengan Ganjar, seperti Jokowi sebagai Presiden atau kader partai dan Megawati yang merupakan Ketum PDI-P. Sedangkan dua nama lainnya merupakan tokoh yang berkaitan dengan kontestasi Pilpres, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Lalu, jika dilihat dari jajaran 10 besar (Gambar 4), terlihat nama Moh Mahfud MD, Abdul Muhaimin Iskandar, Sandiaga Salahuddin Uno, Puan, dan Hasto. Hanya dua nama yang memiliki potensi tertinggi untuk maju sebagai cawapres Ganjar, mereka ialah Mahfud MD dan Sandiaga Uno. 

Gambar 3. Jajaran 10 besar top person
Gambar 4. Jajaran 10 besar top person

Mahfud dalam Pemberitaan Cawapres Ganjar

Nama Mahfud menjadi yang paling banyak disebutkan media dalam pemberitaan tentang cawapres Ganjar. Meski hanya selisih 7 penyebutan dengan Sandiaga, Mahfud unggul dengan total 82 artikel. Pemberitaan Mahfud yang digadang-gadang sebagai cawapres Ganjar didominasi dengan berita bersentimen positif sebanyak 71% dan hanya 1 artikel yang bersentimen negatif.

Gambar 5. Statistik pemberitaan nama Moh Mahfud MD

Mahfud disinyalir menjadi kandidat terkuat sebagai cawapres Ganjar. Seperti yang diberitakan oleh Poskota Online, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Senopati Syndicate, Mahfud mendapatkan perolehan suara paling tinggi yakni 37.857 atau 28% dari jumlah 135.000 responden. Senada dengan Poskota Online, Jitu News juga menyebut bahwa Politikus PDIP Masinton Pasaribu mengungkapkan partainya cukup intensif membahas potensi Mahfud sebagai calon pendamping Ganjar. Menurutnya, kiprah Mahfud di lembaga negara menjadi pertimbangan.

Gambar 6. Berita tentang Mahfud kandidat terkuat
Gambar 7. Berita tentang Mahfud kandidat terkuat

Keunggulan yang dimiliki oleh Mahfud MD menjadi bahan pemberitaan media yang kemudian memberikan sumbangan sentimen positif kepada Menkopolhukam. Dari kedua media berita di bawah ini, Mahfud dinilai dapat mendongkrak elektabilitas Ganjar Pranowo. Rekam jejak Mahfud yang bersih dan berani dianggap mampu memperkuat branding Ganjar. Selain itu, Mahfud saat ini juga diklaim sebagai Nahdliyin yang paling populer sehingga dapat memberikan dampak positif pada pemungutan suara Pilpres mendatang.

Gambar 8. Berita tentang keunggulan Mahfud MD
Gambar 9. Berita tentang keunggulan Mahfud MD

Sandiaga Uno dalam Pemberitaan Cawapres Ganjar

Nama Sandiaga Uno ditemukan dalam 75 artikel yang mengandung kata kunci pemantauan. Terdapat 37 portal berita yang membawa nama Sandiaga dalam topik ini. Sama halnya dengan Mahfud MD, pemberitaan tentang Sandiaga juga didominasi dengan berita bersentimen positif.

Gambar 10. Statistik pemberitaan nama Sandiaga Salahuddin Uno

Sandiaga Uno disebut sebagai sosok yang menarik hati oleh Hasto Kristiyanto. Hal ini diungkapkan oleh Hasto pada acara diskusi bedah buku di daerah Jakarta Selatan. Sekjen PDI-P ini menyebut bahwa Sandiaga adalah sosok yang memiliki ideologis yang tinggi. 

Hingga saat ini belum ada pengumuman resmi atau tanda-tanda jika Sandiaga akan dipilih sebagai cawapres Ganjar. Akan tetapi, hal tersebut tak menyurutkan semangat PPP untuk tetap mendukung Ganjar dalam Pilpres 2024. Meski demikian, Ketua DPP Usman Tokan juga tetap berharap PDIP-P akan memilih cawapres yang memiliki irisan dengan PPP.

Gambar 11. Berita tentang Sandiaga cawapres yang menarik
Gambar 12. Berita tentang PPP tak masalah jika Sandiaga tidak dipilih Megawati

Mahfud dan Sandiaga dalam Konten Youtube

Memantau di kanal YouTube, Netray menggunakan kata kunci dan periode yang sama dengan kanal news. Hasilnya ialah ditemukan sebanyak 386 video selama periode pemantauan. Video-video tersebut mendapatkan 6,1 juta impresi dengan rincian telah ditonton sebanyak 6 juta kali dengan 31,5 ribu komentar dan 47,5 likes. 

Gambar 13. Statistik konten cawapres Ganjar di kanal YouTube

Pada kanal YouTube, nama Mahfud MD juga menjadi paling unggul terkait topik ini. Terlihat dari gambar di bawah ini kosakata mahfud telah disebut sebanyak 118 sedangkan sandiaga ditemukan dalam 30 penyebutan.

Gambar 14. Jumlah penyebutan Mahfud di YouTube
Gambar 15. Jumlah penyebutan Sandiaga di YouTube

Video terpopuler yang menampilkan konten berisikan tentang Mahfud sebagai cawapres Ganjar berasal dari channel Tribun Lampung News Video. Dalam video bertajuk KIAI NU DUKUNG MAHFUD MD CAWAPRES ditemukan sebanyak 39 komentar dengan rincian 26 komen bersentimen positif, 8 negatif, dan 4 netral. 

Gambar 16. Video tentang Mahfud MD
Gambar 17. Komen peak time video Tribun

Sentimen positif berasal dari dukungan penonton kepada Mahfud yang akan dipasangkan dengan Ganjar. Penonton menilai Mahfud MD adalah sosok yang pas untuk dijadikan sebagai cawapres Ganjar. Tak sedikit penonton yang turut mendoakan untuk Mahfud agar terpilih menjadi pasangan Ganjar di Pilpres 2024. 

Gambar 18. Komen positif untuk Mahfud MD
Gambar 19. Komen positif untuk Mahfud MD
Gambar 20. Komen positif untuk Mahfud MD
Gambar 21. Komen positif untuk Mahfud MD

Video terpopuler tentang Sandiaga Uno terkait topik ini berasal dari channel SINDOnews yang membagikan konten dengan judul Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Paling Kuat di Simulasi Bacawapres Ganjar Pranowo. Konten yang tayang pada 21 September 2023 ini telah ditonton sebanyak 14,3 ribu kali dengan total komen sebanyak 58. Dari grafik Comment Peak Time di bawah ini terlihat, komentar bersentime positif lebih dominan dibandingkan dengan komentar bersentimen negatif dan netral. 

Gambar 22. Video tentang Sandiaga Uno
Gambar 23. Komen peak time video SINDOnews

Video tersebut menampilkan sebuah acara talkshow Konspirasi Prabu yang membahas sosok Sandiaga Uno. Sandiaga dinilai sebagai kandidat cawapres yang bisa menjadi variabel komplementer bagi Ganjar. Senada dengan perbincangan yang menyebut Sandiaga adalah kandidat terkuat setelah Ridwan Kamil, penonton pun mengiyakan hal tersebut. Terlihat dari jajaran komentar di bawah ini, penonton cenderung memilih Sandiaga dibandingkan dengan Ridwan Kamil. Kader PPP ini dinilai pas untuk mendampingi Ganjar.

Gambar 24. Komen positif untuk Sandiaga
Gambar 25. Komen positif untuk Sandiaga
Gambar 26. Komen positif untuk Sandiaga
Gambar 27. Komen positif untuk Sandiaga

Mengerucut dan menguatnya kedua nama tersebut, Mahfud dan Sandiaga, hingga sampai saat ini masih saja menjadi tanda tanya. Akankah salah satu dari mereka benar terpilih menjadi Cawapres Ganjar? Atau justru Megawati dan PDIP memilih tokoh baru yang tak pernah terjaring perbincangan publik Indonesia?

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: