BerandaMediaBermula dari Home Tour hingga Sejarah Keluarga Dian Sastro Dikupas Warganet

Bermula dari Home Tour hingga Sejarah Keluarga Dian Sastro Dikupas Warganet

Published on

Ungghan tentang rumah tinggal Dian Sastro dan suaminya Indraguna Sutowo memperoleh impresi positif dari warganet. Namun sejarah keluarga terutama kakek mertuanya Ibnu Sutowo, dan Ayah mertuanya Adiguna Sutowo tak luput dikuliti warganet. Perbincangan soal keluarga Dian itu menggema dengan twit sebanyak 3.780 dan 18 artikel dari media daring.

Nama publik figur dan pemain film tanah air Dian Sastrowardoyo bahkan menduduki trending Twitter pada 19 Februari 2022 kemarin. Ia menjadi perbincangan setelah membagikan konten berupa home tour bersama akun @biasalahanakmuda. Melalui akun Instagramnya, @biasalahanakmuda memamerkan sudut demi sudut rumah milik Dian Sastro tersebut diimbuhi caption-caption yang menarik. 

Konten tersebut menjadi perbincangan netizen karena sudut-sudut rumah milik Dian Sastro sangat estetik dan hampir setiap sudut rumahnya dipenuhi oleh koleksi buku. Namun setelah konten home tour tersebut diunggah dalam Instagram dan menjadi pembahasan trending, tak lama setelah itu warganet Twitter mulai mengulas tentang kehidupan pribadinya.

Pembahasan ranah pribadi menyangkut tentang silsilah dari suami Dian Sastro yakni Maulana Indraguna Sutowo. Keramaian dari keluarga suami Dian di Twitter ini bermula dari sebuah utas tahun 2020 lalu. Utas yang ditulis oleh @mazzini_gsp tersebut menjelaskan tentang kasus Ibnu Sutowo yang tidak lain merupakan kakek mertua dari Dian Sastro. Pada masa pemerintah Presiden Soeharto, Ibnu Sutowo diberi amanah memimpin sebuah perusahaan negara. Ibnu Sutowo diduga terlibat kasus korupsi hingga perusahaan yang dipimpinnya hampir bangkrut dan menorehkan kerugian yang cukup besar bagi negara. 

Selain mengulas tentang Ibnu Sutowo, utas tersebut juga membahas tentang Ayah mertua Dian yakni Adiguna Sutowo. Faktanya ayah mertua Dian Sastro pernah tersangkut kasus penembakan yang dilakukannya di tahun 2005 silam. Kabar-kabar mencengangkan tersebut sontak memicu polemik dan perdebatan di antara warganet. Lalu seperti apa impresinya? 

Isu Pemberitaan Ibnu Sutowo

Gambar 1. Issue News Media

Berdasarkan analisis dari issue news media seperti pada gambar 1, beberapa topik artikel yang diulas media selain soal rumah Dian Sastro juga menyoroti sejarah perjalanan dan karir Ibnu Sutowo. Ia merupakan orang yang cukup berpengaruh di era Orde Baru. Ibnu Sutowo adalah seorang tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal . Pada tahun 1957, Ia diangkat sebagai Direktur Pertamina dan sejak saat itu pula Ibnu menjalankan tugas rangkap atau dwifungsi.

Di bawah kepemimpinan Ibnu Sutowo, Pertamina berhasil berkembang menjadi perusahaan minyak raksasa dengan skala dunia. Namun kemudian muncul dugaan korupsi hingga saat itu Presiden Soeharto menginstruksikan untuk membentuk komisi dalam menyelidiki dugaan korupsi di Pertamina.

Selain isu rekam jejak Ibnu Sutowo, media juga mengulas tentang perusahaan milik keluarga suaminya yang dibentuk oleh ayah mertuanya yakni Adiguna Sutowo. Perusahaan Mugi Rekso Abadi kini telah dikelola oleh Maulana Indraguna Sutowo sebagai CEO, suami Dian Sastro dan juga anak dari Adiguna Sutowo. 

Gambar 2. Total News, Media, dan Kategori

Pemantaun Netray dalam sepekan dengan periode 15-21 Februari 2022, topik terkait kontroversi keluarga suami Dian Sastro diangkat media sebanyak 18 artikel dari 11 portal media. Pemberitaan masing-masing terbagi atas kategori hiburan dan juga keuangan. Seperti dipaparkan di atas, polemik yang mengiringi topik ini tentang dugaan korupsi serta menyangkut kehidupan Dian Sastro sebagai artis Indonesia. 

Melengkapi beberapa paparan di atas, sepak terjang karir Ibnu Sutowo di Indonesia terklarifikasi kebenaranya. Melansir dari Kompas setelah presiden Soeharto membentuk sebuah tim untuk menyelidiki dugaan kasus korupsi tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Ibnu Sutowo terbukti menggelapkan dana Pertamina dan dilengserkan dari jabatannya oleh Presiden Soeharto pada 5 Maret 1976. Soeharto juga memerintahkan Pertamina untuk menjual sebagian asetnya agar dapat menyelamatkan perusahaan. 

Keramaian Warganet Twitter untuk Dian Sastro & Keluarganya 

Tagar Disas (Dian Sastro) menggema di twitter dengan keberagaman opini yang membuat topik ini cukup menarik perhatian. Selain pengungkapan opini tentang silsilah keluarga suaminya, warganet juga mengomentari estetika bangunan rumah Dian Sastro

Gambar 4. Statistik Twitter

Dari keseluruhan total twit yang diperbincangkan sebanyak 3.780 twit mencapai impresi sebesar 9,2 juta kali. Obrolan warganet dengan sentimen positif merujuk pada topik yang mengomentari tentang rumah. Kemudian twit dengan sentimen negatif merujuk pada bahasan tentang silsilah keluarga suaminya.

Sentimen Negatif Soal Kakek & Ayah Mertua Dian Sastro

Opini bernada negatif datang dari warganet yang menghujat tindakan kriminal yang dilakukan kakek dan juga ayah mertuanya. Tindakan sang kakek yang melakukan korupsi di masa dahulu dan juga ayah mertuanya yang melakukan tindak kriminal sebagai pembunuh kembali dikupas warganet.

Seperti twit yang diungkapkan oleh akun @bubblessangyeon dan juga @Matahatikoe yang menuliskan opini bernada sindiran. Argumen tersebut seakan menyeret Dian Sastro yang dinilai kuat mental dalam menerima kenyataan bahwa keluarga suaminya merupakan buronan negara. 

Koleksi Buku Dian Sastro Buat Terkesima

Selain impresi bernada sindiran dan hujatan yang memenuhi lini masa sentimen negatif, terdapat beberapa warganet yang justru menyoroti hal lain. Sorotan tersebut mengembangkan twit bersentimen positif dalam perbincangan seputar topik. 

Warganet terkesima dengan tiap sudut rumah milik Dian Sastro yang sangat modern dan bernuansa estetik. Lalu warganet juga terfokus dengan tatanan dan koleksi buku pribadi milik Dian Sastro yang dianggap sebagai role model rumah impian. Memang tidak sedikit masyarakat yang mempunyai rumah impian dengan desain yang dilengkapi rak-rak buku. 

Demikian analisis Netray, simak ulasan terkini lainnya dalam analysis.netray.id.

Editor: Irwan Syambudi

More like this

Menilik Impresi Film KKN di Desa Penari di Twitter

Film horor KKN di Desa Penari akhirnya tayang di bioskop. Meski penayangannya sempat tertunda...

Hepatitis Akut Misterius, Akankah Menjadi Pandemi Kecil?

Belum selesai bergelut dengan permasalahan pandemi virus corona, kini dunia kembali bertarung dengan munculnya...

Memantau Isu #JogjaDaruratSampah dari Media Sosial & Pemberitaan

#JogjaDaruratSampah merupakan salah satu tagar seruan masyarakat yang diwakili oleh warganet Twitter, ketika beberapa...
%d blogger menyukai ini: