Apabila Presiden Joko Widodo dulu terkenal dengan baju kotak-kotanya, kini Ganjar Pranowo mengenalkan baju kampanye baru bermotif garis vertikal berwarna hitam putih. Motif kemeja tersebut kabarnya merupakan ide dari Presiden. Ganjar mulai kerap menggunakan kemeja garis hitam putih dalam sejumlah kegiatan safari politiknya.
Baju kampanye ini langsung mendapat berbagai respons dari publik. Baik berasal dari media sosial maupun pemberitaan media massa. Netray Media Monitoring memantau sejumlah kanal seperti Twitter hingga News untuk melihat bagaimana isu ini diterima oleh publik.
Pemantauan baju garis hitam putih Ganjar dilakukan selama sepekan, yakni pada periode 20 Juli hingga 26 Juli 2023. Kata kunci yang digunakan untuk menangkap isu ini adalah ganjar, garis hitam putih, dan kemeja hitam putih. Hasilnya bisa disimak di bawah ini.
Topik Baju Garis Hitam Putih Ganjar di Lini Masa Twitter
Selama sepekan pemantauan, Netray Media Monitoring menemukan setidaknya 14.198 twit yang mengandung kata kunci telah diunggah oleh warganet Twitter. Dari periode 20-26 Juli, terpantau bahwa intensitas twit mengalami peningkatan dan penurunan pada hari-hari tertentu.
Intensitas twit sempat berada di rata-rata 1.500-2.000 twit pada tanggal 20 dan 21 Juli. Jumlah unggahan warganet sempat turun dan bahkan mencapai titik terendah, yakni 686 twit pada tanggal 22 Juli 2023. Dua hari setelahnya intensitas twit kembali pada jumlah rata-rata.
Intensitas twit lantas naik pesat hingga mencapai titik tertinggi pada tanggal 25 Juli sebanyak 5.475 twit. Jumlah ini hampir sepuluh kali lebih banyak dibandingkan dengan jumlah twit pada hari terendah atau tiga kali lebih banyak dari hari rata-rata. Pada hari terakhir pemantauan, intensitas twit turun menjadi hanya 1.432 twit selama 24 jam.
Topik baju garis hitam putih cukup ramai diperbincangkan oleh warganet. Selain dari intensitas twit, respons warganet terhitung cukup tinggi. Salah satunya terlihat melalui jumlah impresi yang mencapai 3 juta kali interaksi dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Dampaknya, perbincangan ini dapat menjangkau hingga 74,9 juta akun Twitter berbahasa Indonesia secara potensial.
Sejumlah akun Twitter berhasil meraup impresi tertinggi dari unggahan-unggahan mereka sebagai bagian dari perbincangan warganet. Di antaranya adalah akun @ch_chotimah2, @okkymadasari, @DokterTifa, dan @Dennysiregar7.
Akun @ch_chotimah2 mengumpulkan 4.879 total impresi dari warganet. Unggahan terpopuler dari akun tersebut menuliskan rasa senangnya mengetahui bahwa ada lagu dengan tema garis hitam putih. Di posisi kedua terdapat akun @okkymadasari yang membuat twit tentang baju kampanye Ganjar yang ia sebut mirip baju tahanan Nazi Jerman.
Twit dengan sentimen negatif juga diberikan oleh akun @DokterTifa. Akun tersebut berpendapat bahwa keputusan membuat baju seragam dengan motif seperti ini adalah keputusan yang menyedihkan. Sedangkan akun @Dennysiregar7 membuat lelucon dengan memasukkan gambar aktor barat Henry Cavill sedang memakai baju dengan motif garis hitam putih.
Topik ini tak hanya membahas baju garis hitam putih Ganjar secara umum, tetapi juga melebar ke sejumlah topik turunan. Topik turunan tersebut dapat diamati dari frekuensi kemunculan beberapa kata spesifik. Antara lain seperti kata anang dan once yang merujuk pada nama musisi Anang Hermansyah dan Elfonda “Once” Mekel.
Anang diketahui membuat lagu berjudul “Hitam Putih Garis Garis” bersama Mazdjo Pray. Lagu ini tentu saja merupakan persembahan dan tanda dukungan Anang atas pencalonan Ganjar pada Pilpres 2024. Sedangkan Once kali ini tidak menyumbang lagu, ia hanya menjadi satu dari sekian musisi yang saat ini memilih untuk mendukung Ganjar.
Pemberitaan Media Massa Daring
Selain memantau linimasa Twitter, Netray Media Monitoring juga memantau pemberitaan media massa daring melalui kanal News. Hasil pemantauan selama sepekan terdapat 290 artikel yang memuat berita yang mengandung kata kunci ganjar&&hitam putih. Sekian ratus artikel tersebut diterbitkan oleh 60 portal berita daring dalam negeri.
Sebagian besar berita dengan kata kunci adalah berita dalam kategori politik, yakni sebanyak 255 artikel. Contohnya adalah judul-judul berita di bawah ini. Topik efek elektoral, dukungan dari politisi, hingga potensi melanggar aturan Pemilu menjadi beberapa contoh berita bermuatan politik yang membahas topik baju garis hitam putih Ganjar.
Tentu saja terdapat berita dalam kategori lain meskipun sangat minim kehadirannya. Seperti berita musisi Anang yang menciptakan lagu untuk Ganjar yang masuk ke kategori entertainment. Dan laga sepakbola persahabatan legenda Persib dengan klub sepakbola kampung untuk mengenalkan Ganjar ke masyarakat Jawa Barat masuk ke dalam berita dengan kategori sport.
Dari periode ini, intensitas pemberitaan media massa terpantau sangat tinggi pada awal periode pemantauan. Akan tetapi intensitas pemberitaan lantas menurun hingga akhirnya berada di titik terendah pada hari terakhir yakni 26 Juli 2023. Sangat mungkin pemberitaan dengan topik baju garis hitam putih sudah ramai sebelum periode pemantauan.
Meski tampak mereda, berita dengan sentimen positif terpantau masih mendominasi pemantauan kanal news Netray. Selama sepekan, terdapat 179 artikel yang terindeks dengan sentimen positif sedangkan berita dengan sentimen negatif hanya ditemukan 39 artikel.
Contoh berita di atas merupakan berita dengan sentimen positif. Media mencoba menangkap makna di balik pemilihan motif baju dan mengapa Ganjar kembali menggunakan branding kampanye yang pernah digunakan Presiden Joko Widodo. Sedangkan berita dengan sentimen negatif banyak yang membahas desain baju yang mirip dengan kantong kresek dan selimut rumah sakit. Desain baju ini juga disebut tidak seotentik baju kotak-kotak Joko Widodo pada pemilu 2012.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah