HomeCurrent ReportBagi-Bagi Produk Gratis, Campaign #HariBebasBauBadan Deorex Tuai Pujian

Bagi-Bagi Produk Gratis, Campaign #HariBebasBauBadan Deorex Tuai Pujian

Published on

Dalam memperingati hari jadi, PT Modiva International melalui brand Deorex merayakannya dengan membagikan ribuan produknya di 5 stasiun KRL. Pengumuman tersebut disambut antusias oleh warganet yang mengenal produk ini. Ribuan cuitan dengan dominasi sentimen positif dilayangkan untuk Deorex. 

Netray Media Monitoring memantau perbincangan warganet tentang produk tersebut di kanal Twitter dan TikTok. Hasilnya ialah ditemukan sebanyak 3,3 ribu unggahan yang mengandung kata kunci deorex. Dalam periode pemantauan 1-13 Maret 2024, unggahan-unggahan tersebut telah menarik perhatian warganet dengan perolehan impresi sebanyak 4,3 ribu reaksi. Cuitan tersebut diunggah oleh 1,9 ribu akun dengan potential reach mencapai 30,6 juta akun. 

Gambar 1. Statistik perbincangan warganet

Perbincangan warganet tentang produk ini tampak sejak awal pemantauan dengan jumlah 70 unggahan dalam sehari. Perbincangan bersentimen positif terlihat lebih dominan dibandingkan dengan unggahan bersentimen negatif. Lalu, tepat di hari H pembagian produk, perbincangan terkait kata kunci memuncak dengan jumlah unggahan mencapai 2,6 ribu dalam sehari. 

Gambar 2. Grafik intensitas perbincangan warganet
Gambar 3. Grafik sentimen trend perbincangan warganet

Unggahan-unggahan bersentimen positif tersebut berasal dari konten yang berisikan pujian terhadap Deorex. Tidak hanya mengapresiasi kegiatan bagi-bagi tersebut, warganet juga memberikan impresi positif terhadap produk antiperspirant ini. Kosakata seperti keren, lucu, rame, lumayan, cobain, hingga kaget mendominasi jajaran Top Words. 

Gambar 4. Jajaran kosakata dominan

Akun yang turut mempopulerkan kata kunci ini ialah sebagai berikut. Akun base bernama @txtdrjkt menjadi akun terpopuler berdasarkan total impresi. Akun ini mengunggah 1 cuitan berisikan himbauan kepada warganet agar datang ke 5 stasiun tersebut untuk meraih kesempatan mendapatkan produk Deorex. Dari unggahan tersebut, @txtdrjkt mendapat total impresi sebanyak 953 reaksi. Sementara itu, unggahan yang sama juga dinaikkan oleh akun base bernama @ohmybeautybank dengan raihan 927 impresi.

Gambar 5. Jajaran akun terpopuler berdasarkan popularitas
Gambar 6. Sampel unggahan dari akun TXT DARI JAKARTA
Gambar 7. Sampel unggahan dari akun GIVEAWAY ON PINNED

Sementara itu, jika dilihat berdasarkan jumlah unggahan, akun bernama @D4rmesta menjadi akun yang paling banyak mengunggah kata kunci ini. Dalam periode tersebut, @D4rmesta telah mengunggah sebanyak 26 cuitan terkait Deorex. Di salah satu unggahannya, Darmesta berbagi pengalamannya yang menjumpai tim Deorex tengah berbagi produk gratis di Stasiun Tangerang. 

Gambar 8. Jajaran top akun berdasarkan jumlah unggahan
Gambar 9. Sampel unggahan dari Darmesta Wijaya Kusuma

Selain menjadi slogan dalam memeriahkan hari jadinya, tagar #HariBebasBaubadan merupakan tagar populer yang dinaikkan warganet untuk menyambut produk gratis ini. Tidak hanya itu, tagar lainnya yang juga santer diunggah untuk meramaikan promosi ini ialah #8Maret dan #NoBodiesPerfect. 

Gambar 10. Jajaran top tagar
Gambar 11. Sampel unggahan tagar HariBebasBauBadan
Gambar 12. Sampel unggahan tagar 8Maret

Cara mempromosikan produk dengan membagikan secara gratis dinilai sebagai campaign yang kreatif bagi warganet. Terlebih lagi, lokasi pembagian yang dianggap tepat oleh warganet. Fasilitas dan tempat umum yang kerap digunakan dan juga didatangi ribuan orang per hari disinyalir sebagai lokasi yang pas untuk sebuah campaign. 

Gambar 13. Sampel unggahan tentang pujian ide kreatif
Gambar 14. Sampel unggahan tentang pujian ide kreatif
Gambar 15. Sampel unggahan tentang pujian ide kreatif

Antusiasme warganet juga terlihat dari unggahan yang berisikan pengalaman dalam berburu produk gratis ini. Ada yang rela berdesak-desakan, tetapi ada juga yang beruntung mendapatkan Deorex karena bertepatan saat dirinya sedang berada di stasiun tersebut. Warganet pun merasa senang atas bagi-bagi produk gratis tersebut. Bahkan tidak sedikit warganet yang mendapat lebih dari satu. 

Gambar 16. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis
Gambar 17. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis
Gambar 18. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis
Gambar 19. Sampel unggahan tentang pengalaman warganet mendapatkan produk gratis

Brand ini ternyata sudah memiliki pelanggan setia. Menurut warganet sebagai pengguna, Deorex tidak hanya memberikan wangi yang dapat bertahan lama. Akan tetapi, deodorant ini juga membuat ketiak penggunanya tampak lebih cerah. Bahkan tak sedikit warganet yang membandingkan produk ini dengan produk yang sebelumnya pernah digunakan.

Gambar 20. Sampel unggahan tentang keunggulan pemakaian
Gambar 21 Sampel unggahan tentang keunggulan pemakaian
Gambar 22. Sampel unggahan tentang keunggulan pemakaian

Akun Deorex Mendadak Ramai Diserbu Mentions

Akun resmi Deorex (@deorex_official) tampak aktif mengawal campaign ini di Twitter seperti yang terlihat pada Gambar 23 berikut. Namun, di hari H bagi-bagi sampel gratis, akun resmi Deorex (@deorex_official) banyak mendapat mentions dari warganet. Selama periode 1-13 Maret, mentions untuk Deorex memuncak pada 8 Maret dengan dominasi sentimen positif.

Gambar 23. Peak time postingan akun Deorex
Gambar 24. Peak time mention untuk Deorex

Warganet mengapresiasi aksi bagi-bagi sampel Deorex di stasiun KRL yang dinilai sebagai campaign kreatif dan bermanfaat. Beberapa warganet juga berterimakasih kepada deorex karena berhasil mendapatkan sampel gratis sehingga bisa mencoba produk Deorex.

Gambar 25. Account Monitoring Deorex

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Kontroversi Film Kiblat, Kenapa Rumah Produksi Gemar Bikin Film Horor Religi?

Film Kiblat yang baru rilis trailer pada Kamis, 21 Maret 2024 lalu sudah menuai...

Polemik Jersei Timnas dalam Pantauan Perbincangan Media Sosial X

Seragam (jersei) resmi tim nasional Indonesia terbaru untuk 2024 telah dirilis oleh PSSI. Seperti...

Protes Warganet atas Aturan Pajak PPh 21, Tak Sepadan dengan Layanan dan Soroti Perilaku Oknum

Penyaluran THR pada lebaran 2024 ini diwarnai dengan cerita yang berbeda. Pasalnya warganet menemukan...
%d bloggers like this: