BerandaCurrent ReportAksi Tak Senonoh Musisi Pamungkas Hebohkan TikTok dan Twitter

Aksi Tak Senonoh Musisi Pamungkas Hebohkan TikTok dan Twitter

Published on

Nama musisi Pamungkas sedang menjadi bahan pergunjingan publik Indonesia yang diwakili oleh suara warganet. Pemicunya adalah aksi Pamungkas di atas panggung saat mengisi acara di sebuah festival musik. Aksi tersebut dinilai publik sebagai tindakan yang tidak senonoh.

Pada kanal TikTok, Netray menemukan 180 unggahan menggunakan tagar #pamungkas sebagai caption video sesuai dengan kata kunci pemantauan. Secara total, video dengan caption tersebut telah ditonton sebanyak 73,5 juta kali dan meraup impresi sebanyak 4,8 juta kali selama periode 13 September-12 Oktober 2022.

Gambar 1. Statistik Pemantauan TikTok

Video-video tentang musisi Pamungkas telah dibagikan ulang oleh pengguna TikTok sebanyak 53,4 kali. Pengguna juga telah memberikan 4,7 juta likes dan 50,6 ribu komentar. Akan tetapi, jumlah likes dan komentar tersebut tidak merepresentasi sentimen warganet terhadap topik Pamungkas di TikTok.

Selain tagar #pamungkas dan tagar reguler TikTok, subjek pemantauan kali ini berisi tagar yang lain seperti #pamungkastothebone, #tothebone, dan #klarifikasi. Tagar-tagar tersebut dapat dengan mudah dikenali sebagai istilah yang kerap berhubungan dengan sosok Pamungkas.

Perbincangan tak hanya beredar di sekitar tagar, tetapi juga di seputar akun-akun terpopuler, atau akun dengan unggahan yang meraup impresi tertinggi. Akun terpopuler yang membahas aksi tidak senonoh Pamungkas di atas panggung antara lain seperti @gigitcntk, @cloudphiliaa, @dinouris, dan @glaramichaila.

Akun @gigitcntk membuat konten video yang berisi tanggapan atas aksi Pamungkas langsung dari depan panggung. Begitu juga dengan akun @cloudphiliaa yang membagikan video saat Pamungkas mengambil ponsel pintar milik penonton. Tetapi dua video ini tidak menunjukkan secara langsung tindakan Pamungkas yang dipermasalahkan warganet.

Gambar 3. Unggahan dari akun @gigitcntk dan @cloudphiliaa

Baru di video pendek milik akun @devianti869x yang menunjukkan kekesalan secara terbuka pada caption video. Akun dengan pengikut sebanyak 14,1 ribu tersebut menyebut aksi Pamungkas di atas panggung sebagai sesuatu yang menjijikkan. Sentimen negatif pun mendominasi pembahasan di kolom komentar unggahan akun bernama devi tersebut.

Gambar 4. Unggahan dari akun @devianti869x

Pamungkas Ramai di TikTok Raup Sentimen Negatif di Twitter

Tingginya view dan impresi topik Pamungkas di TikTok sempat membuat wacana ini masuk ke dalam kategori topik yang viral. Viralitas tersebut akhirnya menjalar di linimasa media sosial lain seperti Twitter. Netray pun memantau kanal Twitter untuk melihat bagaimana respon warganet atas kejadian viral tersebut.

Berbeda dengan pemantauan TikTok, pada kanal Twitter Netray menarik periode pemantauan hanya sepekan saja, yakni antara tanggal 6-12 Oktober 2022. Hasilnya sebagai berikut.

Gambar 5. Statistik pemantauan Twitter

Hanya sehari sejak pemantauan dijalankan, pada tanggal 7 Oktober 2022 kata kunci ‘pamungkas’ mulai bermunculan di linimasa. Akan tetapi puncak perbincangan baru terjadi keesokan harinya yakni pada tanggal 8 Oktober 2022. Setelah itu kembali melandai hingga akhirnya berkurang drastis pada akhir periode pemantauan.

Sebanyak 37.891 twit dengan kata kunci berhasil dikumpulkan Netray dari linimasa Twitter. Selain twit yang masif dari publik, impresi atas twit-twit tersebut juga terhitung tinggi. Yakni di sekitar angka 7,1 juta kali interaksi dalam bentuk reply, retweet, dan favorites. Sedangkan secara potensial, perbincangan ini dapat menjangkau 140,8 juta akun Twitter berbahasa Indonesia.

Jika perhatian digeser ke grafik sentimen, maka viralitas perbincangan ini ternyata lebih didominasi sentimen negatif. Yaitu 21.005 twit, atau separuh lebih dari keseluruhan twit ditulis dengan bahasa yang bersentimen negatif. Hanya 6.249 twit saja yang memiliki sentimen positif. Sisanya netral.

Gambar 6. Tren sentimen pemantauan Pamungkas dan Top Accounts

Sama seperti di TikTok, reaksi negatif mengalir dengan cukup deras. Akun yang meraup impresi tertinggi yaitu @NESVERLAND terpantau menyumbang sentimen negatif yang sangat banyak. Hampir semua twit yang akun ini buat merupakan luapan kemarahan atas aksi tidak senonoh Pamungkas.

Gambar 7. Twit dari akun @NESVERLAND

Akun dengan impresi tertinggi kedua yakni @nadisun terpantau memang menampilkan sentimen negatif pada twitnya. Akan tetapi bahasa yang digunakan bergaya parodi dan justru  tidak banyak meraup impresi. Alasan mengapa @nadisun meraup impresi yang tinggi adalah karena kerap mendapat mention dari warganet.

Gambar 8. Twit dari akun @nadisun

Bahasa yang cenderung netral digunakan oleh akun @RistyRianda yang menempati posisi ketiga. Ia hanya menginformasikan ke khalayak bahwa Pamungkas akhirnya memberikan klarifikasi atas tindakannya di atas panggung. Klarifikasi yang diharapkan mampu meredam hujatan warganet.

Gambar 9. Twit dari akun @RistyRianda

Demikian hasil analisis Netray, simak analisis terkini lainnya melalui https://analysis.netray.id/

More like this

Respons Warganet Tanggapi Kenaikan UMP 2023

Pemerintah di tiap provinsi resmi mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi atau UMP 2023 pada...

Respons Warganet atas Pencopotan Label Gereja Tenda Pengungsian Cianjur

Pada 26 November lalu, tenda pengungsian gempa Cianjur mendadak viral di sosial media seperti...

Warganet Kecam Aspirasi Benny Rhamdani Pasca Acara Nusantara Bersatu

Acara Nusantara Bersatu yang digelar Aminuddin Ma'aruf pada Sabtu, 26 November 2022 lalu telah...
%d blogger menyukai ini: