Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, keunggulan kompetitif tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk atau layanan, tetapi juga oleh kemampuan untuk memahami dan merespon kebutuhan pelanggan. Kemampuan tersebut dapat diperoleh melalui teknik social listening atau kemampuan mendengar percakapan pelanggan. Social listening memanfaatkan alat dan teknik yang tepat sehingga pebisnis seperti Anda dapat menangkap setiap suara pelanggan, seperti pujian hingga kritik, lantas mengubahnya menjadi peluang untuk tumbuh.
Definisi social listening, lebih lengkapnya social media listening, adalah proses memantau media sosial untuk mengumpulkan data terkait dengan merek, produk, industri, atau topik tertentu. Fokusnya untuk memahami sentimen, persepsi, dan opini publik. Social listening bertujuan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh audiens, baik pelanggan maupun calon pelanggan. Kini telah banyak tools untuk social listening tersedia dengan berbagai macam fitur. Berikut beberapa contoh tools yang bisa jadi pilihan:
- Brandwatch
Brandwatch merupakan salah satu alat social listening yang paling populer di pasaran. Layanan dari perusahaan asal Inggris ini menyediakan fitur yang lengkap seperti pemantauan real-time, analisis sentimen, analisis topik, analisis audiens, dan lain sebagainya. Guna mendapatkan fitur Brandwatch, pengguna harus membayar dalam jumlah tertentu. Namun bisa juga mencoba terlebih dahulu dengan versi demo.
- Sprout Social
Sprout Social adalah platform manajemen media sosial yang juga menawarkan kemampuan social listening. Fitur yang diunggulkan antara lain fitur pencarian lanjutan, analisis sentimen, analisis topik, identifikasi influencer dan lainnya. Layanan ini berbayar, mulai $199 atau sekitar 3 juta rupiah per bulan dengan free trial.
- Talkwalker
Talkwalker adalah sebuah platform yang berguna untuk memantau dan menganalisis percakapan di media sosial. Social listening yang diunggulkan platform ini antara lain pemantauan multi kanal, analisis sentimen, analisis topik, analisis kompetitor, analisis influencer dan lainnya.
- Mention
Mention.com sebuah alat atau platform yang dirancang khusus untuk memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di berbagai media sosial. Mention memiliki fitur andalan seperti pemantauan multi-platform, analisis sentimen, integrasi dengan social media management dan fitur canggih lainnya. Layanan Mention dapat digunakan mulai $49 atau sekitar Rp 782 ribu atau bila ingin mencobanya terlebih dahulu dapat gunakan demo atau free trial.
- Meltwalter
Meltwalter, perusahaan media monitoring yang juga bisa melakukan social listening. Fitur andalan Meltwalter diantaranya pemantauan dengan data yang luas. analisis sentimen, analisis kompetitor, analisis topik, integrasi dengan tools lain, kustomisasi yang fleksibel dan lainnya. Di dalam situ Meltwalter terdapat versi demo jika ingin mencoba secara gratis terlebih dahulu.
- Brand24
Brand24 merupakan sebuah platform atau alat yang digunakan untuk memantau apa yang sedang dibicarakan oleh orang-orang terkait dengan brand atau kata kunci tertentu. Lata ini memiliki berbagai fitur unggulan untuk memudahkan social listening seperti analisis sentimen, analisis topik, kostumisasi kata kunci, analisis kompetitor, laporan yang dapat dikustomisasi hingga integrasi dengan tools lain.
- Netray
Netray merupakan platform yang menggunakan teknologi Big Data dan Artificial Intelligence (AI) buatan dalam negeri. Sebagai platform analisis media sosial yang kuat, Netray sangat cocok social listening. Fitur yang diunggulkan antara lain pemantauan kata kunci spesifik dan real time, analisis sentimen, analisis topik, hingga dashboard yang interaktif dan mudah digunakan. Jika ingin mengetahui fitur-fiturnya, kunjungi website Netray lantas coba secara gratis terlebih dahulu.
Dengan berbagai alat dan teknologi yang kini melimpah tersedia secara online, pastikan memilih alat social listening sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Dengan menggunakan alat-alat tersebut, pebisnis bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti memahami pelanggan dan pasar secara komprehensif, mendukung kampanye yang sedang dijalankan berdasarkan data, hingga mampu mewujudkan pengambilan keputusan yang lebih baik.
Jangan ragu untuk mencoba dan mengeksplorasi alat-alat ini. Setelah memilih alat yang tepat, coba terlebih dahulu fitur-fitur mereka sehingga dapat mengoptimalkan kehadiran merek di media sosial serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Temukan bagaimana sebuah brand diperbincangkan warganet yang akan menjadi input dalam pembuatan kebijakan bisnis.
Editor: Ananditya Paradhi