HomeCurrent ReportCullinary5 Rekomendasi Sajian Burger Lokal Jogja ala Warganet TikTok

5 Rekomendasi Sajian Burger Lokal Jogja ala Warganet TikTok

Published on

Hamburger, atau kerap disebut dengan burger, biasanya identik dengan restoran cepat saji seperti McDonald’s, Burger King, KFC dan lain sebagainya. Akan tetapi akhir-akhir ini, restoran burger lokal mulai menjamur keberadaannya di Yogyakarta. Warga lokal mulai tertarik menikmati kuliner burger buatan sendiri atau homemade.

Menilik sejarah makanan ini, dihimpun dari yukmakan.com awal mula hamburger sendiri muncul pada abad ke 18 dari kota Hamburg di Jerman yang terkenal akan daging sapi kualitas tinggi. Kemudian makanan ini tersebar melalui warga Hamburg yang berimigrasi ke Amerika berupa steak Hamburg atau daging cincang yang dibakar atau goreng.

Kemudian sajian ini mulai berkembang di Amerika, dua bersaudara pedagang sandwich dari Ohio yaitu Frank dan Charles Menches menggunakan daging cincang ini sebagai pengganti isian sandwich mereka saat kehabisan stok sosis. Dari situ lah reputasi hamburger mulai melesat yang kemudian dilengkapi dengan sayuran serta acar.

Netray coba mengulik burger lokal Jogja mana saja yang menjadi favorit dan direkomendasikan warganet TikTok. Dengan menggunakan kata kunci burger&&jogja serta burger&&yogyakarta selama periode 19 September hingga 18 Oktober 2023 ditemukan 82 video dari 71 akun membahas kata kunci. Dari video yang terunggah mampu meraih impresi dari warganet TikTok hingga 41,8 ribu yang berupa 39,5 ribu likes, 510 komentar, dibagikan ulang sebanyak 1,843 kali, dan telah diputar sebanyak 639,6 ribu kali.

Statistik unggahan video TikTok topik burger Jogja

Netray merangkum burger lokal yang terkenal di Yogyakarta melalui kata yang paling sering digunakan warganet. Terlihat pada gambar di bawah ini. Cookroom menjadi yang paling banyak disebut terlihat kata cookroombyharbor, cookroomjogja, dan cookroom muncul cukup menonjol. Selain itu ada pula burgermakmur dan zabunch yang masuk pula dalam jajaran kata yang sering digunakan.

Gambar 2 Jajaran kata populer

Berikut adalah 5 rekomendasi burger lokal di Yogyakarta ala warganet Tiktok.

  1. Cookroom 234

Resto burger yang baru buka pada April 2023 ini sudah banyak menarik pengunjung dengan sajian burger yang enak. Bahkan pengguna Tiktok Asti Anggar @perigrinasti menjulukinya sebagai burger terenak di Yogyakata. Menu yang menjadi rekomendasi adalah chicken burger.

Keistimewaan burger lokal ini dikarenakan daging ayamnya yang krispi namun tidak keras ditambah roti bun burger yang terasa lembut ditambah sayuran yang terasa segar. Pengguna TikTok @tamagooci juga menjadikan chicken burger ini menjadi hidangan favoritnya. Selain itu ia juga menyukai hidangan french fries yang dipadu dengan saus pedas dan keju ditambah dengan bawang bombay karamel.

Gambar 3. Sampel unggahan terpopuler burger cookroom

Unggahan rekomendasi burger Cookroom dari @perigrinasti sekaligus menjadi unggahan terpopuler yang menarik reaksi paling banyak dari warganet yakni berupa 23,7 ribu likes, 191 komentar dan dibagikan ulang sebanyak 836 kali. Banyak pula pengguna TikTok lainnya yang merekomendasikan Cookroom sebagai tempat makan yang wajib dikunjungi bahkan bagi yang tak menyukai burger.

Rekomendasi ini datang dari unggahan milik akun @momollorrr2 dan @retnodwia1. Resto yang bergabung dengan outlet pakaian ini dapat dikunjungi pada alamat Jalan Plemburan No.234, Pogung Lor, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Gambar 4. Sampel unggahan terpopuler burger cookroom
  1. Zabunch

Tempat makan burger lokal yang berada di ujung timur Jalan Prawirotaman ini banyak direkomendasikan pengguna TikTok karena memiliki menu yang berbeda dari yang lainnya. Salah satu yang paling disukai konsumen yakni menu blueberry burger. Beef cheese burger yang dipadu dengan saus blueberry asli dari buahnya ini tampak direkomendasikan pengguna Tiktok Nicholas Verrel @verrel_journey yang unggahannnya mampu meraih 319 likes serta 5 komentar. Begitu juga @elsafoodies merekomendasikan menu yang sama.

Selain itu, hidangan eggs benedict, hidangan sarapan ala Amerika berupa berupa roti bun atau muffin yang di atasnya diberi telur setengah matang dan saus hollandaise yang berasal dari campuran mentega dan kuning telur ini juga menjadi favorit pengunjung. Hidangan ini seperti yang diunggah akun @tamagooci. Menu-menu tersebut dapat Anda nikmati dengan mengunjungi alamat Jalan Prawirotaman No.49, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Gambar 5. Sampel unggahan populer burger zabunch
  1. Burger Makmur 

Burger Makmur disoroti karena menyajikan burger enak dengan ukuran besar serta tempat yang estetik bertemakan retro sehingga menjadi tempat nongkrong favorit bagi anak muda. Selain itu harga yang terjangkau juga menjadikan tempat ini pilihan bagi yang berkantong pas-pasan, mulai harga 20 ribuan sudah bisa menikmati burger yang mengenyangkan.

Rekomendasi burger lokal ini terlihat diunggah oleh akun @wacanaresign yang memperoleh 72 likes dan dibagikan ulang oleh warganet sebanyak 3 kali. Begitu pun akun @gwween__, dan @axechell_merekomendasikan burger ini sebagai makanan yang enak. Jika ingin menyantap burger sambil menikmati suasana retro, kalian dapat menghampiri alamat Jalan Pakuningratan No.37, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.

Gambar 6. Sampel unggahan populer burger makmur
  1. Rock Burger

Tempat makan ini tak hanya menyajikan burger tapi juga ayam goreng ala Nashville, AS. Rock Burger disoroti warganet TikTok karena harganya yang dapat dijangkau kantong mahasiswa. Mulai dari 25 ribuan sudah bisa mendapatkan paket ayam goreng dan nasi, ditambah es teh yang bisa diisi ulang.

Rekomendasi burger murah ini ternyata mampu menarik ketertarikan warganet begitu banyak seperti yang diunggah akun @erinahestirahayu. Unggahannya mampu merai 8,9 ribu likes, 136 komentar dan dibagikan ulang sebanyak 502 kali. Akun @punya_cil pun juga menyarankan burger lokal ini.

Gambar 7. Sampel unggahan populer rock burger

Rock Burger dapat dikunjungi pada dua lokasi. Lokasi utama beralamat di Jalan Pusung Utama No.2, Banteng, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, Yogyakarta. Sedangkan cabangnya berada di Jalan Melati Wetan IV, Baciro, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

  1. Burger Dinar

Hampir keseluruhan rekomendasi burger warganet TikTok memiliki tempat makan yang tetap. Kecuali burger lokal yang satu ini. Meski hanya burger gerobak, Burger Dinar ternyata cukup menjadi sorotan. Burger ini dijual oleh seorang kakek sepuh bernama Mbah Wahadi melalui gerobaknya yang biasa mangkal di depan Superindo Kaliurang.

Burger yang disajikan berupa burger sederhana dengan isian beef patty, timun, dan tomat ini dijual mulai harga 9 ribu rupiah saja. Jika ingin menambahkan telur hanya perlu menambah uang sebanyak 3 ribu rupiah. Burger lokal jadul ini seperti yang terlihat direkomendasikan akun @pandasitukangjajan mampu meraih reaksi warganet hingga 232 likes, 6 komentar, dan dibagikan ulang sebanyak 21 kali. Unggahan akun @jogja_culinary juga menyarankan untuk membeli hidangan ini sambil menampilkan bagaimana awal mula burger ini dijual.

Gambar 8. Sampel unggahan populer burger dinar

Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Beras Mahal dan Langka, Silang Sengkarut Kebijakan Impor dan Bansos Pemerintah

Beras mahal dan kian langka, kini mulai diteriakkan oleh warganet. Kenaikan harga bahan pokok...

Film Komedi Agak Laen Banjir Pujian Warganet Bahkan Capres/Cawapres Peserta Pemilu

Film ‘Agak Laen’ yang dibuat oleh rumah produksi milik Ernest Prakasa sedang merajai layar...

Puluhan Petugas KPPS Tumbang, Warganet Tepis Tudingan Kecurangan

Pra pemilu, publik sempat terhibur atas lelucon petugas KPPS yang ‘naik kelas’ dari honorer...
%d bloggers like this: