Parfum kini menjadi salah satu barang wajib bagi setiap orang yang ingin tampil wangi dan percaya diri. Beragam brand parfum dengan sejumlah varian yang ditawarkan seringkali membuat orang bingung ketika ingin mencoba parfum baru. Di TikTok, warganet mencoba berbagi pengalaman dan merekomendasikan parfum terbaik versi mereka. Netray lantas memantau topik ini untuk menemukan sejumlah brand parfum yang kini tengah populer berdasarkan impresi terbanyak.
Memantau topik ini, Netray Media Monitoring menggunakan kata kunci parfum dan rekomendasiparfum selama periode pemantauan 1-11 Juli 2023. Hasilnya, ditemukan sebanyak 295 konten yang mengunggah kata kunci tersebut di laman TikTok. Konten-konten tersebut telah diputar sebanyak 21,6 juta kali dengan total impresi mencapai 1,7 juta reaksi.
Konten terpopuler dari kata kunci ini berasal dari akun Simple Boutiq Pati dengan total impresi mencapai 137,2 ribu reaksi. Meski tidak mengunggah konten yang berkaitan dengan parfum, pemilik D’List Parfume ini mendapat ratusan ribu impresi dari konten yang diunggah dengan tagar #dlistparfume tersebut. Sedangkan akun yang paling banyak mengunggah konten berkaitan dengan kata kunci ialah akun bernama FregranceDon dengan total 7 konten selama periode terkait.
Dari sejumlah brand yang muncul dalam rekomendasi warga TikTok, Netray merangkum 5 parfum yang menghasilkan impresi terbanyak atau menjadi populer ketika dibicarakan dalam sebuah video unggahan warganet. Berikut, di antaranya.
1. Benediction Perfume
Benediction Perfume direkomendasikan oleh akun @alfatihbillar. Dalam konten yang diunggah pada 6 Juli 2023 tersebut, terlihat Baby L, sapaan anak penyanyi Lesty Kejora dan Rizky Billar tengah menggunakan parfum yang ditengarai usaha milik keluarganya. Vidoe lucu dari Baby L ini bahkan berhasil menyentuh impresi sebanyak 29,1 ribu likes dan 237 komentar. Berdasarkan laman penjualan di e-commerce, harga parfum milik keluarga Baby L ini adalah Rp205.000.
2. Annapellet Fall In Love; Parfum dari KKV
Parfum dari KKV ini direkomendasikan oleh akun @shaaqi pada tanggal Juli 2023. Dari konten tersebut @shaaqi menampilkan hasil belanjanya di KKV dengan salah satu barang yang dibelinya tersebut ialah parfum Annapellet Fall in Love. Menurut @shaaqi parfum tersebut memiliki wangi yang segar dan tidak ‘nyegrak’ sehingga cocok dipakai untuk sehari-hari, seperti pergi ke kampus. Dilansir dari laman KKV, parfum Fall in Love ini dibandrol dengan harga Rp129.000.
3. Parfum Basic Club
Parfum Basic Club yang merupakan sister brand Geamoore ini dibanderol dengan harga murah, yakni hanya 20 ribuan di beberapa e-commerce. Meski dengan harga yang terbilang murah, parfum ini diklaim dapat bertahan lama hingga 4-6 jam. Parfum ini direkomendasikan oleh akun @dika_bj188 yang mengunggah konten pada tanggal 4 Juli 2023. Konten parodi tersebut bahkan berhasil meraih impresi sebanyak 21,5 ribu likes dan 105 komentar.
4. Nifty Twice
Parfum Nifty Twice direkomendasikan oleh akun @riskyrian1111. Dilansir dari bebarapa akun e-commerce dari Nifty Twice, parfum ini dibanderol dengan harga Rp100.000-Rp189.000. Menariknya, apabila ada promo parfum ini bahkan hanya dijual mulai dari 80 ribuan saja. Dalam konten yang diunggah tanggal 7 Juli 2023 tersebut, @riskyrian1111 menyampaikan bahwa menggunakan parfum ‘andalannya’ tersebut dapat memikat seorang perempuan. Konten ini berhasil meraih impresi sebanyak 17,2 ribu likes dan 108 komentar.
5. Creed
Brand Creed yang sudah hadir sejak 1760 di London ini menjadi rekomendasi selanjutnya oleh akun @akmrdn. Akun tersebut membagikan hasil review Creed dengan konten parodi dan menghasilkan 17,2 ribu likes dan 90 komentar. Parfum ini menjadi perhatian warganet lantaran disinyalir menjadi parfum yang sering digunakan oleh Jeno NCT. Dilansir dari laman resmi Creed, parfum Creed Aventus ini dibanderol dengan harga $495.
Simak analisis terkini dan mendalam lainnya di analysis.netray.id. Untuk melakukan pemantauan terhadap isu yang sedang berkembang sesuai kebutuhan secara real time, Anda dapat berlangganan atau menggunakan percobaan gratis di netray.id.
Editor: Winda Trilatifah