HomeNetrayTeknik dan Tips Analisis Media Sosial Guna Membuka Peluang Baru dalam Bisnis

Teknik dan Tips Analisis Media Sosial Guna Membuka Peluang Baru dalam Bisnis

Published on

Tahukah Anda bahwa hampir separuh lebih penduduk Indonesia gemar menggunakan media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube, Facebook dan lainnya. Maka dari itu penting bagi pemilik bisnis untuk rajin memantau berbagai kanal sosial media untuk mengikuti perkembangan trend di masyarakat. Tak hanya itu, pebisnis juga perlu memahami makna di balik data media sosial yang begitu banyak melalui analisis media sosial.

Analisis media sosial adalah proses pengumpulan dan analisis data dari berbagai platform media sosial. Data dapat berupa teks, gambar, video, maupun komentar. Bagi seorang pelaku bisnis, analisis jejaring perbincangan warganet memiliki beberapa tujuan diantaranya:

Memahami sentimen publik; analisis media sosial dapat digunakan untuk melacak sentimen publik terhadap suatu merek, produk, atau isu tertentu. Hal ini dapat dilakukan dengan memantau sebutan (mentions) merek atau nama perusahaan dan orang, menganalisis nada komentar, serta mengidentifikasi topik yang paling banyak dibicarakan.

Melacak tren; analisis media sosial dapat digunakan untuk melacak tren yang sedang berkembang di masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi topik yang paling banyak dibicarakan, melacak popularitas tagar (hashtag), dan lainnya.

Memahami audiens; analisis media sosial dapat digunakan untuk memahami audiens target suatu merek atau produk. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis demografi pengguna, minat, serta perilaku online mereka.

Meningkatkan layanan pelanggan; analisis media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan memantau umpan balik pelanggan, mengidentifikasi masalah yang umum terjadi, dan memberikan solusi yang tepat.

Mengembangkan strategi pemasaran; analisis media sosial dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memahami apa yang dibicarakan khalayak tentang merek dan produk Anda, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan konten Anda.

analisis media sosial
Gambar 1. Ilustrasi media sosial Image by Gerd Altmann from Pixabay

Teknik Analisis Media Sosial

Untuk memperoleh hasil analisis yang optimal diperlukan teknik yang tepat dalam menelisik konten media sosial. Ada berbagai teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis media sosial, antara lain:

  1. Analisis teks

Analisis teks dapat digunakan untuk mengidentifikasi kata kunci, frasa, dan topik yang paling banyak dibicarakan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat analisis teks seperti Wordcloud dan Ngrams.

  1. Analisis sentimen 

Analisis sentimen dapat digunakan untuk menentukan apakah sentimen publik terhadap suatu merek, produk, atau isu tertentu positif, negatif, atau netral. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat analisis sentimen seperti Sentiment Analysis API dan Opinion Mining.

  1. Analisis jaringan 

Analisis jaringan dapat digunakan untuk mengidentifikasi hubungan antara pengguna media sosial. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat analisis jaringan seperti Gephi dan NodeXL.

  1. Analisis visual 

Analisis visual dapat digunakan untuk menganalisis gambar dan video yang dibagikan di media sosial. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat analisis visual seperti Google Cloud Vision API dan Amazon Rekognition.

  1. Alat Analisis Media Sosial

Ada berbagai alat analisis medsos yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa alat analisis yang populer antara lain Hootsuite, Sprout Social, Buffer, Hubspot, dan lainnya. 

analisis media sosial
Gambar 2. Ilustrasi analisis media sosial Image by Photo Mix from Pixabay

Tips Melakukan Analisis Media Sosial

Analisis media sosial yang efektif bukan hanya tentang mengumpulkan data, tetapi juga tentang memahami apa yang ingin disampaikan data tersebut. Berikut beberapa tips untuk membantu Anda melakukan analisis lini masa media sosial yang efektif:

Menentukan tujuan: Apa yang ingin Anda pelajari dari media sosial? Apakah ingin meningkatkan brand awareness, memahami sentimen pelanggan, atau mengukur efektivitas campaign marketing? Memiliki tujuan yang jelas akan membantu Anda menentukan metrik yang tepat untuk diukur dan metode analisis yang sesuai.

Memilih alat yang tepat: Berbagai alat analisis medsos tersedia untuk membantu Anda mengumpulkan, menganalisis, dan memvisualisasikan data. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Mengumpulkan data yang relevan: Terdapat berbagai cara untuk mengumpulkan data media sosial, seperti menggunakan alat analisis media sosial, melacak hashtag, atau melakukan analisis sentimen. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya.

Analisis data: Gunakan alat analisis media sosial untuk menganalisis data Anda dan mengidentifikasi wawasan 

Tindak lanjuti wawasan yang diperoleh: Gunakan wawasan yang Anda peroleh untuk meningkatkan strategi media sosial hingga layanan pelanggan Anda.

Dengan melakukan analisis media sosial yang ditemukan bukan sekadar angka dan grafik, tetapi juga bagaiman memahami dunia digital secara mendalam sehingga dapat membuka peluang-peluang baru yang tak terhingga. 

Untuk memudahkan tugas analisis media sosial, Anda dapat menggunakan tools yang disediakan Netray Media Monitoring. Layanan monitoring media sosial dari Netray ini dirancang secara spesifik guna membantu pebisnis semacam Anda. Semoga bisnis Anda semakin maju untuk kedepannya.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

6 Studi yang Bisa Menggunakan Media Monitoring untuk Riset Akademik

Sebagai sebuah tools analisis, media monitoring dapat digunakan dalam berbagai bidang riset. Meski kerap...

Alasan Media Monitoring Bermanfaat untuk Riset Akademik

Media monitoring memiliki banyak manfaat yang penting, terutama dalam konteks bisnis, organisasi, dan riset....

Visualisasi Data: Memahami Data Besar dengan Mudah dan Menarik

Visualisasi data menjadi hal yang penting dalam proses memahami big data. Beberapa contoh bentuk visualisasi data: histogram, scatter plot, heatmap, line chart, bar chart, maps, network graph, word cloud, geospatioal, dan visualitation.
%d bloggers like this: