HomeNetray7 Contoh Riset Akademik Menggunakan Media Monitoring

7 Contoh Riset Akademik Menggunakan Media Monitoring

Published on

Jika Anda mengikuti artikel-artikel yang telah kami unggah, Anda mungkin sudah cukup paham apabila tool media monitoring bisa digunakan untuk melakukan riset akademik. Terdapat banyak manfaat ketika media monitoring dijadikan untuk riset akademik. Salah satunya adalah tool ini dapat menampilkan data secara real time, mampu memetakan aktor, hingga sentimen publik sehingga riset akademik menggunakan media monitoring menjadi lebih praktis dan insightfull.

Apabila pada pada tulisan sebelumnya sudah dibicarakan field apa saja yang dapat di-cover oleh media monitoring, kali ini kita akan melihat contoh riset akademik menggunakan media monitoring. Peragaan contoh-contoh ini bertujuan agar Anda memiliki gambaran ketika masih bingung kira-kira riset akademik seperti apa yang dapat dikerjakan menggunakan media monitoring.

1. Analisis Sentimen terhadap Kebijakan Pemerintah

Contoh riset akademik menggunakan media monitoring untuk pemantauan media massa daring dan media sosial yang pertama adalah terkait topik kebijakan pemerintah. Anda bisa melakukan analisis atas sentimen publik terhadap suatu kebijakan pemerintah yang akan atau sedang dijalankan.

  • Judul: “Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Kebijakan Pembangunan Infrastruktur melalui Media Sosial”
  • Tujuan: Mengidentifikasi dan menganalisis sentimen publik terhadap kebijakan pembangunan infrastruktur yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Metodologi: Menggunakan alat media monitoring untuk mengumpulkan data dari Twitter, Facebook, dan Instagram; menerapkan teknik NLP untuk analisis sentimen.
  • Hasil: Menunjukkan persepsi positif, negatif, dan netral masyarakat terhadap kebijakan tersebut.

2. Studi Kasus Krisis Perusahaan

Anda juga bisa memanfaatkan media monitoring untuk riset akademik pada sektor bisnis. Semisal untuk studi kasus krisis perusahaan. Sebuah bisnis kerap diterpa kendala dan masalah. Studi yang Anda lakukan akan melihat bagaimana mitigasi krisis perusahaan via media.

  • Judul: “Dampak Krisis Produk terhadap Reputasi Perusahaan: Studi Kasus Melalui Media Monitoring”
  • Tujuan: Menganalisis bagaimana krisis produk mempengaruhi reputasi perusahaan di mata publik.
  • Metodologi: Mengumpulkan data dari berita online, forum, dan media sosial; menganalisis frekuensi dan sentimen dari diskusi yang berkaitan dengan krisis.
  • Hasil: Memetakan perubahan persepsi publik sebelum, selama, dan setelah krisis.

3. Pengaruh Kampanye Pemilu

Politik merupakan studi yang paling menarik untuk diamati karena politik kerap menarik perhatian publik secara luas. Salah satu contoh yang bisa diambil adalah memanfaatkan media monitoring untuk riset isu pemilu. Semisal pengaruh kampanye pada perolehan suara.

  • Judul: “Efektivitas Kampanye Pemilu di Media Sosial: Studi Analisis Media Monitoring”
  • Tujuan: Mengukur efektivitas kampanye politik di media sosial dalam meningkatkan dukungan pemilih.
  • Metodologi: Memantau aktivitas kampanye kandidat di Twitter dan Facebook serta menganalisis keterlibatan pengguna dan perubahan dalam sentimen publik.
  • Hasil: Mengidentifikasi strategi kampanye yang paling efektif dalam menarik dukungan.

4. Tren Konsumen di Industri Fashion

Tren yang sedang populer juga menarik atensi publik secara masif. Semisal tren berpakaian masa sekarang atau yang sedang digemari anak muda. Menjalankan media monitoring untuk riset akademik di pasar konsumen fashion bisa memberi insight yang akan dimanfaatkan oleh dunia bisnis.

Ilustrasi riset akademik menggunakan media monitoring
  • Judul: “Analisis Tren Konsumen di Industri Fashion melalui Media Monitoring”
  • Tujuan: Mengidentifikasi tren fashion terbaru dan preferensi konsumen berdasarkan diskusi di media sosial.
  • Metodologi: Mengumpulkan data dari Instagram, Pinterest, dan blog fashion; menggunakan analisis teks untuk mengidentifikasi kata kunci dan tren populer.
  • Hasil: Menyediakan wawasan tentang tren fashion yang sedang berkembang dan preferensi konsumen.

5. Pemantauan Kampanye Kesehatan Masyarakat

Isu kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid 19 menjadi isu yang tak lagi bisa diabaikan. Dunia akademik sepatutnya memiliki pandangan yang menyeluruh terkait bagaimana sebuah isu kesehatan masyarakat. Termasuk apabila para pemangku kepentingan mengkampanyekan isu di ruang publik.

  • Judul: “Evaluasi Kampanye Kesehatan Masyarakat tentang Vaksinasi melalui Media Sosial”
  • Tujuan: Menilai efektivitas kampanye kesehatan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran dan penerimaan vaksinasi.
  • Metodologi: Mengumpulkan data dari Twitter dan Facebook selama periode kampanye; menganalisis frekuensi, sentimen, dan topik diskusi.
  • Hasil: Menunjukkan tingkat kesadaran dan perubahan sikap publik terhadap vaksinasi.

6. Persepsi Publik terhadap Isu Lingkungan

Contoh riset akademik menggunakan media monitoring yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah terkait pandangan masyarakat atas isu lingkungan. Monitoring untuk riset akademik dengan tema ini tergolong cukup mudah mengingat isu semacam pemanasan global hampir diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat dewasa ini.

  • Judul: “Persepsi Publik terhadap Isu Pemanasan Global: Analisis Media Sosial”
  • Tujuan: Mengidentifikasi persepsi dan kepedulian publik terhadap isu pemanasan global.
  • Metodologi: Mengumpulkan data dari Twitter, Facebook, dan forum diskusi lingkungan serta menganalisis sentimen dan topik utama yang dibahas.
  • Hasil: Menggambarkan tingkat kepedulian publik dan pandangan mereka terhadap isu pemanasan global.

7. Pengaruh Influencer di Media Sosial

Terakhir, media monitoring buat riset akademik yang bisa Anda ambil adalah dengan topik pengaruh influencer di media sosial. Pemantauan media seperti media sosial dapat memberi Anda gambaran seberapa efektif pengaruh influencer guna mendongkrak eksistensi suatu produk kecantikan.

  • Judul: “Pengaruh Influencer terhadap Perilaku Konsumen: Studi Kasus di Industri Kecantikan”
  • Tujuan: Menganalisis pengaruh influencer media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen.
  • Metodologi: Memantau aktivitas influencer di Instagram dan YouTube; menganalisis keterlibatan pengguna dan perubahan dalam perilaku konsumen.
  • Hasil: Menunjukkan tingkat pengaruh influencer terhadap keputusan pembelian produk kecantikan.

Berikut tadi adalah contoh riset akademik menggunakan media monitoring yang bisa Anda lakukan apabila Anda membutuhkan. Tentu saja contoh ini tidak untuk membatasi topik tetapi untuk memantik contoh-contoh judul riset akademik yang lain. Lalu, media monitoring seperti apa yang cocok untuk dijadikan tools riset akademik Anda?

Riset Akademik Menggunakan Media Monitoring Netray

Netray Media Monitoring hadir untuk segala kebutuhan riset Anda, baik riset pasar untuk bisnis maupun riset akademik untuk bidang studi Anda. Netray dirancang sebagai media monitoring yang ramah dengan akademisi karena efektif dan memberikan hasil yang akurat. Selain itu, sebagai media monitoring Indonesia termurah, Netray juga menjadi pilihan yang tepat untuk jadi teman skripsi Anda. Untuk berkenalan dengan Netray, Anda bisa mencobanya secara gratis di sini atau berlangganan dengan paket termurah seharga Rp350.000 saja. Informasi lebih lanjut, hubungi Kontak Netray

Editor: Winda Trilatifah

More like this

Potensi Ekonomi Kecerdasan Buatan di 2030 Hingga $15 Triliun

Prediksi potensi ekonomi kecerdasan buatan di 2030 diperkirakan mencapai $15 triliun dengan potensi kontribusi...

AI dalam Pelayanan Kesehatan: Kemudahan hingga Tantangan

Di era digital yang berkembang begitu pesat, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) menjadi...

Ini 5 Metrik Penting dalam Media Monitoring yang Harus Anda Pahami untuk Hasil Maksimal

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dalam memanfaatkan media monitoring sebagai bagian dari strategi...
%d bloggers like this: