HomeNetrayAnalisis Media Sosial dengan AI: Membantu Bisnis Lebih Cepat Berkembang

Analisis Media Sosial dengan AI: Membantu Bisnis Lebih Cepat Berkembang

Published on

Indonesia termasuk negara yang penduduknya sangat aktif menggunakan sosial media. Pada Januari 2024 terdapat kurang lebih 139 juta pengguna atau sebanding dengan 49,9 persen dari total populasi Indonesia. Dengan rerata penggunaan internet pada smartphone kurang lebih 4 jam 45 menit setiap individunya dan sebagian besar digunakan untuk mengakses media sosial.

Berdasarkan fakta tersebut, memantau sosial media tentu menjadi pertimbangan utama dari pebisnis ketika ingin melihat respons masyarakat terhadap produk atau merek yang mereka keluarkan. Namun mengingat data sosial media yang begitu besar tentu membutuhkan analisis sosial media dengan bantuan kecerdasan buatan atau AI agar lebih efisien. 

Sebelum berlanjut pada pertanyaan seberapa penting analisis media bagi bisnis, mari kita tilik definisi analisis media sosial. Analisis media sosial merupakan proses mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai platform media sosial untuk memahami pola, tren, dan wawasan yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis, pemasaran, atau penelitian.

Mengapa Analisis Media Sosial Penting untuk Bisnis?

Analisis media sosial saat ini mulai dipandang sebagai proses yang penting bagi bisnis karena dapat memahami perilaku audiens, melacak kinerja bisnis, serta mengoptimalkan strategi. Dengan menggunakan alat dan teknik yang tepat, bisnis dapat memperoleh wawasan yang berharga dari data media sosial. Berikut beberapa keuntungan jika menggunakan analisis sosial media untuk bisnis Anda.

Memahami Audiens: Analisis media sosial membantu pebisnis memahami demografi, minat, dan perilaku audiens mereka di media sosial. Pebisnis pun dapat membuat konten yang lebih relevan dan menargetkan kampanye pemasaran dengan lebih efektif.

Membangun Brand Awareness: Analisis media sosial membantu bisnis melacak seberapa banyak orang membicarakan brand mereka dan bagaimana sentimennya.

Mengukur Efektivitas Kampanye: Analisis media sosial memungkinkan pebisnis melacak kinerja kampanye pemasaran di media sosial. Hal tersebut dapat dilihat melalui metrik seperti jangkauan (seberapa banyak orang yang melihat konten), impresi (berapa kali konten dilihat), klik (seberapa banyak orang mengklik tautan, dan konversi (seberapa banyak orang melakukan tindakan, seperti membeli atau bergabung milis).

Membangun Komunitas: Analisis media sosial membantu pebisnis memahami apa yang disukai dan tidak disukai audiens, sehingga dapat membangun komunitas yang lebih kuat dan meningkatkan interaksi dengan merek yang dimiliki.

Mengidentifikasi Peluang Baru: Analisis media sosial dapat membantu pebisnis menemukan peluang baru untuk mengembangkan bisnis. Pebisnis dapat menemukan tren baru, mengidentifikasi influencer yang relevan, dan menemukan peluang untuk berkolaborasi dengan merek lain.

Gambar 1. Ilustrasi analisis media sosial oleh Racool_studio on Freepik

Analisis Media Sosial Menggunakan Teknologi Kecerdasan Buatan

Jika sudah tahu manfaat menggunakan analisis media sosial guna meningkatkan bisnis, maka selanjutnya mencari tahu tools yang tepat. Analisis media sosial dapat dilakukan dengan menggunakan AI (Kecerdasan Buatan). AI menawarkan kemampuan yang lebih canggih dan efisien dalam mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data. Berikut adalah cara AI digunakan dalam analisis media sosial:

  • Pemrosesan Bahasa Alami (NLP)

Turunan dari teknologi ini berupa Analisis Sentimen, Ekstraksi Entitas, dan Analisis Topik. Analisis Sentimen yakni AI yang dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasikan emosi atau sentimen (positif, negatif, netral) dalam teks. Kemudian Ekstraksi Entitas yaitu mengenali entitas seperti nama merek, produk, lokasi, gender dan lainnya.  Lalu Analisis Topik yakni mengidentifikasi topik yang sering dibahas dalam kumpulan data besar.

  • Pembelajaran Mesin (Machine Learning)

Teknologi Machine Learning bisa memprediksi tren berdasarkan pola historis dan data, pengklasifikasian unggahan berdasarkan kategori tertentu (misalnya, promosi, keluhan, pujian). Selain itu salah satu bagian penting dari Pembelajaran Mesin untuk bisnis adalah Visi Komputer (Computer Vision). Melalui teknologi ini pelaku bisnis dapat menganalisis konten visual untuk mengenali objek, teks, wajah, dan konteks dalam gambar dan video yang unggah di media sosial.

  • Analisis Jaringan Sosial

Analisis Jaringan Sosial atau Pemetaan Jaringan mengidentifikasi dan memvisualisasikan hubungan antara pengguna di media sosial. Lalu Identifikasi Influencer yaitu mengidentifikasi pengguna yang memiliki pengaruh besar dalam jaringan sosial.

  • Automasi dan Chatbots

Otomatisasi tugas rutin seperti merespons pertanyaan pelanggan atau mengelola konten tentu akan sangat membantu pebisnis menjalankan usahanya. Kemudian ada Chatbots bisa digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna setiap saat seperti  memberikan bantuan pelanggan, hingga mengumpulkan data.

Saat ini mungkin sudah banyak tersedia tools analisis media sosial yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah Netray Media Monitoring. Netray dikembangkan dengan memanfaatkan semua teknologi AI yang paling maju. Mulai dari NLP hingga SNA. Selain itu, Tim Netray juga sangat terbuka apabila Anda ingin menambah fitur ke dalam alat analisis bisnis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Editor: Ananditya Paradhi

More like this

Pentingnya Manajemen Krisis Perusahaan: Definisi dan Penerapan dalam Kehidupan Nyata

Tidak mungkin ada sebuah perusahaan yang berjalan mulus tanpa menemui krisis. Baik dari faktor...

Mengenal Model AI: Teknologi Di Balik Sejumlah Mesin Pintar Terpopuler di Media Sosial

Dunia kecerdasan buatan atau biasa disebut AI (artificial intelligence) berkembang begitu cepat dan mempengaruhi...

Kendala Pemanfaatan Big Data dalam Pemerintahan

Pemanfaatan big data bagi pemerintah memberi banyak faedah yang sebelumnya tidak bisa didapat secara...
%d bloggers like this: